KH Said Aqil Sebut Sekarang Sedang Terjadi Perang Vaksin, Negara yang Hanya Bisa Impor Kalah

Rabu 23-06-2021,17:45 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

JAKARTA - Ketua Umum PBNU, Prof Dr KH Said Aqil Siroj MA mengatakan bahwa sekarang ini sedang terjadi perang vaksin antara negara-negara produsen.

Dia mengingatkan, negara yang hanya bisa impor vaksin, bakal kalah. Pernyataan itu disampaikan Said Aqil dalam kegiatan Haul Emas KH Wahab Chasbullah yang ditayangkan di YouTube NU Channel seperti dilihat, Rabu (23/6/2021).

Selain perang vaksin, KH Said Aqil juga menyinggung mengenai perang digital. Juga bocornya 270 juta data penduduk Indonesia.

\"Kemudian dengan adanya COVID-19 ini ada perang baru, perang biologi, apa? Perang vaksin. Negara yang mampu memproduksi vaksin akan jadi pemenang dalam perang ini. Negara yang tidak mampu, hanya mengimpor saja, itulah negara yang kalah,\" tandas Said Aqil.

Padahal, kata Said Aqil, virus Corona telah berubah varian dan lebih cepat menular. Namun bangsa Indonesia belum mampu menghasilkan vaksin sendiri.

\"Itu membutuhkan vaksin yang lebih canggih lagi, lebih canggih lagi. Kita belum mampu membuat vaksin yang tahap pertama, penyakitnya atau pandeminya sudah meningkat ke level ketiga,\" ujar Said Aqil.

Di tengah situasi tersebut, Said Aqil menyebut Indonesia hanya akan menjadi penonton. Negara-negara besarlah yang terlibat perang vaksin di era pandemi ini.

2

\"Ini akan terjadi perang vaksin, Amerika, Jerman, RRC Tiongkok. Ini terjadi perang vaksin, kita ini hanya jadi penonton, bisanya cuma importir, itu pun apakah uangnya dapat dari utang atau dari mana, nggak tahu saya atau dapat dari potong-potong anggaran barangkali,\" benernya. (yud)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait