FIFGROUP Hijaukan Bumi dan Pecahkan Rekor Muri

Selasa 29-06-2021,09:15 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON – Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) yang jatuh setiap tanggal 5 Juni, PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang merupakan salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk, mengadakan Kick-off Hijaukan Bumi dan Lingkungan “Penanaman Pohon Endemik FIFGROUP 2021”. Kegiatan ini sekaligus pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) untuk penanaman pohon endemik secara serentak di 55 titik se-Indonesia.

Dibuka secara seremoni oleh Esther Sri Harjati selaku Human Capital (HC), General Support (GS), & Corporate Communication Director FIFGROUP, acara dilakukan dengan cara hybrid atau memadukan offline dan virtual, Senin (28/6). Seremoni juga dihadiri oleh R Sutjahja Nugroho selaku Astra Financial & FIFGROUP Advisor dan Yulian Warman selaku Chief of Corporate Communication & Corporate Social Responsibility (CSR) FIFGROUP, kepala wilayah serta kepala cabang FIFGROUP dari 55 titik pelaksanaan kegiatan tanam pohon.

Tak ketinggalan, tim Muri, yaitu Awan Rahargo selaku Senior Manager Muri dan Irendra Putranto selaku Manager Muri untuk memberikan piagam Rekor penanaman pohon sejenis serentak di lokasi terbanyak (pohon ketapang).

Human Capital (HC), General Support (GS), & Corporate Communication Director FIFGROUP, Esther Sri Harjati menuturkan, terdapat 4.500 pohon endemik Indonesia yang ditanam oleh 55 cabang FIFGROUP yang tersebar di seluruh Indonesia. Sesuai dengan tujuan 13 pada Sustainable Development Goals (SDGs) tentang perubahan iklim, menurutnya, FIFGROUP harus mengambil aksi segera untuk memerangi perubahan iklim dan dampaknya seperti kekeringan, banjir serta longsor.

\"FIFGROUP sebagai bagian dari ASTRA, senantiasa melaksanakan pilar penghijauan yang diwujudkan dalam komitmen pengelolaan lingkungan serta program-program perbaikan lingkungan lainnya,\" tuturnya.

Di samping itu, Chief of Corporate Communication & Corporate Social Responsibility (CSR) FIFGROUP, Yulian Warman menuturkan, kegiatan bertajuk Hijaukan Bumi dan Lingkungan bersama FIFGROUP menjadi peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day).  Pemilihan bibit pohon endemik juga bertujuan agar keberlangsungan ekosistem pohon endemik terus terjaga. \"Program ini telah dipersiapkan dengan konsultasi dengan dinas terkait di 55 titik penanaman,\" terangnya.

Senior Manager Muri, Awan Rahargo pun berterima kasih kepada keluarga besar FIFGROUP yang telah melakukan gerakan penanaman 4.500 pohon endemik di Indonesia. Oleh karenanya, ini telah mampu dicatat sesuai dengan syarat dan kriteria Muri sebagai pencatat peristiwa-peristiwa superlatif.

2

\"Dengan bangga dan hormat, serta sudah disaksikan oleh manajemen FIFGROUP dan rekan FIFGROUP, kami, Muri, memberikan penghargaan kepada FIFGROUP,\" ujarnya.

Sementara itu, kegiatan ini pun digelar di Cirebon. Kepala Cabang FIFGROUP Arjawinangun, Dudi kurniawan mengatakan, bibit pohon endemik yang dipilih adalah ketapang yang merupakan jenis pohon tepi pantai yang rindang. Meskipun demikian ketapang dapat hidup, di mana saja serta memiliki nilai ekonomis dan ekologis dalam pemulihan kawasan hulu sungai.

Kriteria lokasi pelaksanaan penanaman pohon endemik ini diutamakan area rawan bencana banjir atau longsor di tiap daerah. \"Ada 100 bibit tabebuya dan 10 bibit ketapang yang kami berikan ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon, bertempat di Sumber,\" terangnya.

Seremoni penyerahan bibit pohon di Cirebon pun dilakukan FIFGROUP Cabang Arjawinangun diserahkan langsung oleh Kepala Cabang Dudi Kurniawan kepada Kepala Seksi DLH Kabupaten Cirebon, Arie Skripsianti dan Junaedi. Kegiatan ini sungguh diperlukan khususnya di daerah rawan banjir dan longsor.

\"Selain menjaga ekosistem, pohon-pohon ini nantinya juga akan dapat melindungi generasi anak cucu kita di masa yang akan datang. Ini juga merupakan bentuk tanggung jawab sosial perseroan kepada bumi kita tercinta, Indonesia,\" pungkasnya. (apr/adv)

Tags :
Kategori :

Terkait