Pesawat Lepas Chemtrail saat Lintasi Langit Cirebon agar Rakyat Kena Virus, Begini Faktanya

Rabu 14-07-2021,15:45 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

CIREBON - Video yang menyebutan adanya pesawat sedang menyebarkan chemtrail melintas di langit kota besar di Indonesia termasuk Cirebon tengah beredar di media sosial.

Dari pantauan radarcirebon.com, terdapat beberapa grup whatsapp yang menyebarkan video dengan durasi 04.34 tersebut.

Video itu menunjukkan asap putih yang membentuk garis keluar dari pesawat udara.

Suara dalam video menyebutkan bahwa yang dilakukan adalah chemtrails untuk menyebarkan penyakit.

Dalam video nampak pemandangan langit Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Bali, Semarang, Makasar, dan Cirebon. Kemudian terdapat kolase beberapa video.

\"Pukul 05.30 sore di langit Medan,\" demi kian suara dalam video tersebut.

\"Chemtrails, chemtrails nih, buat yang kaga tau nih. Banyak orang yang gak tau nih. Jangan keluar kalau kena ginian ini, maksudnya kalau yang deket-deket,\" demikian diungkapkan dalam unggahan yang sama.

2

Chemtrails disebut sebagai jejak kimiawi atau bahan biologis yang disebar menggunakan pesawat.

Namun, video itu dbantah para ahli penerbangan. Kepala Dinas Penerbangan TNI Angkatan Udara (Kadispen AU) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah mengatakan, yang terjadi dalam video itu adalah condensation trail atau contrail.

Indan menjelaskan, asap putih seperti awan yang terlihat di langit setelah pesawat lewat adalah hal yang biasa. Menurut dia, itu adalah jejak yang biasa ditinggalkan pesawat.

“Ini merupakan hasil dari pengembunan udara dengan kadar air tinggi yang bergesekan dengan mesin pesawat. Ada juga yang menyebutnya dengan vapor trails tapi jika bentuknya mulai berpendar atau melebar seperti awan biasa juga disebut dengan aviaticus cloud,” ujar Indan, seperti dilansir dari Kompas.com, Rabu (14/7/2021).

Dengan penjelasan itu, video yang beredar di media sosial itu dikategorikan sebagai hoax. (yud)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait