Kesehatan Mata Anak saat Pandemi, Begini Tips dr Cessy

Kamis 15-07-2021,16:30 WIB
Reporter : Tatang
Editor : Tatang

CIREBON - Di masa pandemi Covid-19 menjaga kesehatan mata anak tidak kalah pentingnya. Terlebih, saat ini anak-anak memiliki waktu lebih lama menatap layar gadget atau komputer.

Itu merupakan dampak dari diterapkan pembelajaran secara daring di tengah pandemi Covid-19. Menurut dr Cessy Waliyah Putri SpM, aktivitas anak-anak memainkan gadget memang sulit dihindari.

“Padahal seperti kita tahu bahwa menatap layar gadget atau komputer/laptop selama berjam-jam bisa mengganggu kesehatan mata anak,” katanya.

Dia menambahkan, bahwa layar komputer bisa memicu kelelahan pada mata, mata kering, serta membuat mata lebih cepat menua dan mengalami penurunan fungsi.

\"Salah satu cara mengurangi dampak buruk pada mata adalah dengan rumus 20-20-20. Setiap 20 menit sekali usahakan untuk melihat objek sejauh 20 kaki atau sekitar 6 meter, selama 20 detik,\" sambung dr Cessy saat ditemui di Klinik Mata Inderatama Kedawung.

Saat mata anak mulai terlihat memerah dan kering, lanjutnya, itu lah saatnya untuk beristirahat. Jika tidak memungkinkan, orang tua bisa menggunakan air mata palsu untuk membantu menjaga kelembapan mata anak.

Untuk menghindari risiko kerusakan mata, hindari melihat layar komputer terus-menerus selama lebih dari 2 jam.

2

Memiliki waktu untuk mengistirahatkan mata setidaknya 15 menit setelah 2 jam menatap layar gadget atau komputer adalah cara yang cukup bijak.

Tags :
Kategori :

Terkait