PPDB saat Pandemi, SMP Swasta Tak Kekurangan Siswa

Selasa 27-07-2021,17:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON- Berbeda dengan tahun sebelumnya. Hampir setiap tahun SMP swasta di Kabupaten Cirebon selalu kekurangan siswa saat PPDB. Namun justru PPDB saat pandemi Covid-19 di tahun 2021 ini, SMP swasta tidak lagi mengalami kekurangan murid.

Ketua MKKS SMP Swasta Kabupaten Cirebon Muhamad Khubaedillah SPd MM kepada Radar mengatakan pelaksanaan PPDB SMP swasta di Kabupaten Cirebon berjalan lancar.  \"Alhamdulillah terlaksana dengan lancar untuk PPDB SMP swasta di tahun ini,\" ujarnya.

Khubaedillah mengungkapkan pihaknya belum mendapatkan laporan jika ada SMP swasta di Kabupaten Cirebon yang mengalami kekurangan murid saat PPDB. \"Alhamdulillah selain berjalan lancar juga semua SMP swasta tidak ada yang kekurangan murid, kalau ada yang kekurangan murid pasti sudah ada laporan,\" tuturnya.

Khubaedillah mengungkapkan kondisi PPDB tahun ini memang cukup berbeda dengan PPDB tahun sebelumnya.  Jika PPDB tahun sebelumnya hampir setiap tahun SMP swasta ini selalu kekurangan murid. Namun justru tahun ini PPDB tidak ada yang kekurangan murid.

Khubaedillah mengatakan sudah tidak ada lagi SMP swasta yang kekurangan murid lantaran saat ini sekolah SMP swasta sudah bisa bersaing dengan SMP negeri dengan mengedepankan kualitas.  \"Sengaja saya pecut dengan himbauan agar tidak menyalahkan kebijakan, tidak menyalahkan sekolah lain. Tetapi ketika jualan dikemas dengan baik maka tanpa harus capek ketika masyarakat tahu layanan, out put dan bukti dari cerita anaknya yang sekolah dari sekolah itu maka kepercayaan masyarakat kepada sekolah tersebut akan muncul,\" jelasnya.

Khubaedillah mengungkapkan yang menjadi persoalan mendasar pada PPDB tahun sebelumnya sehingga menyebabkan SMP swasta kekurangan murid setiap PPDB karena faktor daya jual pasar yang sangat kurang.  \"Kalau SMP swasta kan bergantung pada sekolah bisa jual brandnya. Namun kalau dibenahi promosi dengan menonjolkan keunggulan sekolah maka akan seperti ini tidak ada lagi SMP swasta yang kekurangan murid saat PPDB,\" ujarnya.

Khubaedillah mengatakan karena sebagian SMP swasta di Kabupaten Cirebon yakni pondok pesantren maka tentunya saat ini sudah akan mempersiapkan pembelajaran tatap muka.  \"Kalau SMP swasta yang berbasis ponpes itu sudah hampir akan melakukan tatap muka, namun kalau yang bukan ponpes belum dilakukan PTM,\" terangnya.(den)

Tags :
Kategori :

Terkait