Bakal segera Berlaku, Bayar Tol tanpa Berhenti, Begini Caranya

Kamis 29-07-2021,16:04 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

JAKARTA - Sedikitnya 40 jalan tol di Jawa dan Bali bakal menerapkan sistem bayar tanpa sentuh dan berhenti atau Multilane Free Flow (MLFF) pada tahun depan.

Pada prosesnya nanti, tetap akan menggunakan gerbang tol. Tetapi pengguna tidak perlu berhenti dan menyentuh apapun dari pembayaran.

Di gerbang tol juga tidak akan ada lagi barrier. Sebab, sistem pembayaran tersebut akan menggunakan tiga sistem yakni, electronic on board unit, on board unit dan electronic route ticket.

Nantinya akan ada aplikasi khusus yang diinstal di smarphone. E-OBU direkomendasikan bagi pengguna kendaraan yang memiliki smartphone dan jarang bertukar kendaraan.

Nantinya, dalam aplikasi terdapat fitur pembayaran, top up, histori transaksi, titik koordinat, dan informasi jalan tol lainnya.

Chief of Business Development PT Roatex Indonesia Toll System, Emil Iskandar menjelaskan, E-OBU akan mengirim sinyal GPS ke MLFF pusat.

\"Superapp ini akan kita desain, terkait informasi jalan tol. yang paling penting ada dua fitur yaitu terkait transaksi dan GNNS yang menjadi kunci utamanya. Kita akan menyiapkan E-OBU itu otomatis akan ada di aplikasinya dan dipakai oleh pengguna ketika mereka melakukan trip,\" kata Emil, dalam paparannya di Webinar Internasional ITS.

2

GPS akan mendeteksi lokasi kendaraan, serta memotong saldo secara otomatis saat pengguna berada di jalan tol. Artinya, bayar tol tanpa setop saat di GT. (yud/dtc)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait