Herat Diserang Taliban, Warga Serukan Takbir: Allahu Akbar!

Rabu 04-08-2021,18:30 WIB
Reporter : Tatang
Editor : Tatang

HERAT - Malam hari di Kota Herat, Afghanistan. Seruan takbir \"Allahu Akbar\" yang berarti Allah Maha Besar bersahut-sahutan. Itu terjadi ketika kota tersebut dibombardir oleh Taliban.

Suasana Senin malam (2/8) itu mencekam. Awalnya, hanya ada satu seruan \"Allahu Akbar\" dari kejauhan. Kemudian disusul seruan takbir lainnya menggemakan seisi kota.

Seruan takbir itu ditujukan untuk mendukung Pasukan Keamanan Nasional yang tengah berjuang mengusir Taliban. Setelah beberapa hari kelompok bersenjata itu merebut Herat.

\"Saya belum pernah melihat warga kami bergabung dalam dukungan vokal seperti itu,\" ujar seorang warga Herat, Ahmadullah Azadani, seperti dimuat Al Jazeera.

Mendengar kisah-kisah orangtua mereka, Azadani mengatakan, seruan warga Herat saat ini mungkin mirip dengan apa yang terjadi ketika pendudukan Uni Soviet tahun 1980-an.

Ketika itu, Herat adalah salah kota pertama yang menjadi saksi kebangkitan warga Afghanistan melawan pendudukan.

“Kejadian tadi malam memunculkan kembali semua cerita bagi mereka yang hidup pada masa komunis, dan mereka, pada gilirannya, mengingatkan generasi muda seperti saya tentang peristiwa semacam ini di masa lalu,\" tutur Azadani.

Tags :
Kategori :

Terkait