Jakarta Diprediksi Tenggelam, Bagaimana dengan Cirebon? Permukaan Laut Naik 50 Cm dalam 50 Tahun

Rabu 04-08-2021,20:38 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

DKI Jakarta diprediksi bakal tenggelam oleh NASA, sehubungan kenaikan permukaan air laut. Bagaimana dengan Cirebon yang ada di kawasan Pantura Pulau Jawa?

PREDIKSI Jakarta bakal tenggelam dalam 10 tahun mendatang, tidak main-main. Diutarakan lembaga sekelas National Aeronautics and Space Administration (NASA).

Bahkan menjadi bagian dari pidato Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden. Pernyataan itu disampaikan Biden dalam sambutannya, saat berkunjung ke Kantor Direktur Intelijen Nasional di penghujung Juli 2021.

Bahkan, Biden menyebut, jika apa yang diproyeksikan benar, maka dalam 10 tahun ke depan Indonesia harus memindahkan ibu kota karena akan tenggelam.

Prediksi ini, dilatar belakangi riset NASA yang menyebutkan bahwa rata-rata permukaan laut global naik sebesar 3,3 milimeter per tahun. Sudah begitu, hujan semakin intens dengan atmosfer yang makin memanas.

Itu ditambah dengan penyedotan air tanah besar-besaran dengan pompa air. Data menunjukkan, sekitar 40 persen luas tanah Jakarta berada di bawah permukaan laut saat ini.

Sebagai daerah yang sama-sama berada di pesisir Pulau Jawa. Bagaimana dengan wilayah Cirebon dan sekitarnya? Apakah terdampak juga?

Sumber: Ina Quarter
2

Seperti diketahui, mayoritas wilayah di pesisir pantai Cirebon memiliki ketinggian 0-1 MDPL. Dan besar kemungkinan terdampak dengan perubahan iklim.

Dalam penelitian Ungkap M Lumban Batu dan Suyatman Hidayat yang dipublikasi Ina Quarter pada tahun 2016, disebutkan bahwa akhir-akhir ini memang ada kecenderungan kenaikan permukaan laut.

Penelitian tersebut berjudul: Dampak Kenaikan Permukaan Laut Akibat Perubahan Iklim di Daerah Cirebon (Pantura) Jawa Barat.

Disebutkan bahwa hasil pengamatan di beberapa station pencatat ketinggian muka laut, diketahui rata-rata kenaikan permukaan laut di Indonesia berkisar antara 5-10 milimeter per tahun.

Ini jauh melampaui angka kenaikan permukaan laut global yang diprediksi sekitar 1,5 milimeter. Sehingga diperlukan langkah-langkah strategis.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait