Sudah Dimulai, Vaksinasi Covid-19 untuk Anak di Kabupaten Cirebon

Jumat 06-08-2021,12:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON- Pemkab Cirebon menargetkan sekitar 3.000 anak usia 12 sampai dengan 17 tahun divaksin untuk tahap awal. Pemberian vaksin tersebut selain untuk melindungi anak-anak, juga sebagai salah satu persiapan untuk memulai pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka.

Kegiatan vaksinasi tersebut mulai dilaksanakan di Kabupaten Cirebon sejak Kamis (5/8) sampai dengan beberapa waktu ke depan. Launching dilakukan di GOR Ranggajati Sumber dengan sasaran awal sekitar 200 orang yang terdiri dari 100 anak SMP dan 100 anak tingkat SMA.

Bupati Cirebon Drs H Imron MAg mengatakan untuk tahap awal yang diperkenankan bisa divaksin adalah dari usia 12-17 tahun. Namun jika dihitung secara total ada sekitar 566.000 anak usia antara 0-19 di Kabupaten Cirebon.“Untuk awal dipilah dulu karena yang diperkenankan baru untuk anak usia 12 sampai 17 tahun. Ini tindakan nyata kami untuk melindungi anak-anak kita,” ujarnya.

Diterangkan, pelaksanaan vaksinasi untuk anak tersebut nantinya akan berkerjasama dengan dinas pendidikan dan dinas kesehatan. Nantinya vaksinasi untuk anak usia 12-17 tahun akan dilakukan di sekolah-sekolah.“Kegiatan vaksinasi ini tentu melihat ketersedian vaksin. Selama vaksin ada maka terus dilakukan. Ketersedian vaksin kita di daerah tergantung pasokan dari pemerintah pusat,” imbuhnya.

Sementara itu Wakil Bupati Cirebon Hj Wahyu Tjiptaningsih SE MSi mengatakan ini merupakan momentun yang pas saat perayaan Hari Anak Nasional tingkat Kabupaten Cirebon. Sebab, dalam perayaan ini ada vaksinasi masal untuk anak-anak umur 12 sampi 17 tahun.

“Seperti kita ketahui risiko penularan Covid-19 terhadap anak sangat tinggi. Sehingga pemerintah pusat sampai daerah bersama-sama melakukan vaksinasi untuk anak-anak. Artinya hak untuk anak harus dipenuhi di antaranya hak mendapatkan kesehatan, hak untuk hidup dan hak untuk bahagia,” katanya.

Terpisah , Kepala Dinas PPKBP3A Kabupaten Cirebon Drs Iyan Ediyana MM MSi mengatakan kegiatan ini merupakan momentum Hari Anak Nasional tahun 2021 sehingga dimanfaatkan untuk membantu program Pemerintah Kabupaten Cirebon dalam percepatan vaksinasi untuk anak-anak. “Hari ini kita targetkan vaksinasi untuk anak-anak usia 12 sampai 17 tahun mencapai 200 orang di antaranya 100 orang untuk SMA dan 100 orangnya untuk SMP,\" katanya.

2

Iyan menjelaskan, target pelaksanaan vaksinasi untuk anak ini mencapai 3.000 orang. Bahkan kalau persediaan vaksin banyak bisa melebihi target yang ditentukan.  “Targetnya kita bantu sampai 3.000 orang. Itu juga dilihat dari stok vaksin sendiri. Mudah-mudahan koordinasi yang baik dengan sejumlah pihak bisa memberikan kontribusi untuk anak-anak di Kabupaten Cirebon. Karena anak terlindungi Indonesia maju,” ungkapnya. (dri/adv)

Tags :
Kategori :

Terkait