Tips Agar Penyakit Maag atau Lambung Tidak Berulang

Sabtu 07-08-2021,10:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

PENYAKIT  maag atau lambung ada di seluruh dunia, tidak hanya di Indonesia serta dapat mengenai anak-anak maupun dewasa. Gejala yang dirasakan bias berupa mual, perih-perih, nyeri ulu hati, kembung, atau begah. Sering kali pasien mengeluh penyakit maag-nya sering berulang padahal sudah minum obat dari dokter. Pasien mungkin lupa, bahwa dokter sudah memberikan “trik” atau “tips” agar penyakitnya tidak sering kambuh atau berulang, yaitu :

  1. Wajib sarapan di bawah pukul 09.00 WIB
  2. Makan dengan porsi kecil agar kerja lambung tidak berat
  3. Makan tidak perlu terburu-buru
  4. Hindari makanan atau minuman yang mengiritasi lambung dan membuat kerja lambung menjadi berat (pedas, asam, berminyak, kopi, alkohol minuman bersoda, makanan siap saji, makanan yang diawetkan, keju, dan coklat) dan merokok
  5. Hindari pakaian atau celana yang ketat
  6. Rajin menggosok gigi sebelum tidur dan sesudah sarapan (mencegah infeksi lambung yang disebabkan oleh bakteri helicobacter pylori)
  7. Hindari tidur setelah makan
  8. Kelola stress dan kendalikan emosi (misalnya dengan beribadah, berdoa, melakukan yoga, mendengar musik kesukaan, menonton film kesukaan, bermain tiktok, istirahat yang cukup, dan olahraga yang teratur). (*)
Tags :
Kategori :

Terkait