PPKM, Kasus Narkoba Meningkat

Sabtu 07-08-2021,20:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

JAKARTA - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) disebut berhasil dalam menekan penularan Covid-19. Namun, di sisi lain PPKM justru berdampak pada meningkatnya kasus narkotika. Deputi Bidang Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN) Arman Depari mengatakan terjadi peningkatan kasus narkoba selama masa PPKM di Jakarta. Banyak kasus yang diungkap oleh BNN maupun Polri.

\"Sampai Juni kemarin ada indikasi terjadi kenaikan. Banyak penyitaan yang dilakukan petugas baik polisi dan BNN terhadap banyak jenis narkoba termasuk sabu dan ganja termasuk narkoba jenis baru,\" ujarnya, Jumat (5/8).

Dikatakannya, kenaikan kasus penyalahgunaan narkoba selama PPKM membuktikan permintaan narkotika di tengah masyarakat masih tinggi.

\"Artinya kalau pasokan itu naik ada kemungkinan permintaan dari masyarakat naik,\" jelasnya.

Diungkapkannya, salah satu modus yang digunakan para pelaku kejahatan adalah dengan memanfaatkan situasi PPKM dengan menyalurkan narkoba menggunakan mobil logistik.

\"Pengalaman kita beberapa bulan lalu bahwa sindikat narkoba memanfaatkan situasi lock down dengan menggunakan kendaraan pengangkut logistik diisi dengan narkoba,\" ujarnya.

Para pelaku kejahatan narkoba tersebut, menggunakan mobil logistik bahan kebutuhan pokok untuk melewati pos penyekatan PPKM.

2

\"Tentu saja maksudnya kalau ada pemeriksaan petugas memudahkan mereka lewat,\" tuturnya.(gw/fin)

Tags :
Kategori :

Terkait