Sungai Kedung Pane Tercemar

Senin 09-09-2013,20:17 WIB
Reporter : Dedi Darmawan
Editor : Dedi Darmawan

KEDAWUNG- Masyarakat Desa Kedungjaya Kecamatan Kedawung kabupaten Cirebon menyampaikan keluhannya kepada  Caleg Dapil VIII Jawa Barat dari Partai Amanat Nasional (PAN), Budi Riyanto, terkait pencemaran sungai Kedung Pane.
Hal tersebut terjadi akibat limba pabrik jelly yang dibuang ke sungai, sehingga menyebabkan tersumbatnya dan tercemarinya aliran sungai yang melintasi desa mereka. Menanggapi keluhan warga, Caleg DPRD Provinsi Nomor urut 1 langsung melakukan peninjauan kelokasi. Dari hasil pengecekan memang sungai tampak hitam pekat karena limbah dari beberapa perusahaan yang berdiri di sepanjang aliran sungai.
“Limbah ini harus dihentikan, dan aliran sungai Kedung Pane ini harus dikembalikan kefungsinya yang utama sebagai aliran irigasi.” ujarnya.
Dikatakan Budi, dirinya merasa miris dan geram. Sehingga jika diberikan kepercayaan masyarakat langkah yang akan dilakukan merubah fungsi jadi tempat pembuangan limbah ini harus dihentikan.
“Kondisi, sungai ini juga seharusnya jadi perhatian utama dari 6 pasangan bupati dan wakil bupati yang kini giat melakukan sosialisasi. Mereka seharusnya, tidak bisa tinggal diam,  melihat sungai yang dulu jernih sekarang berubah warna jadi hitam pekat dan berbau.” Tegasnya. (swa)
Tags :
Kategori :

Terkait