Kemenag Ganti Kartu Nikah Fisik Jadi Digital, Mulai Bulan Ini

Selasa 10-08-2021,11:30 WIB
Reporter : Tatang
Editor : Tatang

JAKARTA - Kementerian Agama atau Kemenag resmi menghentikan penerbitan kartu nikah fisik mulai bulan ini. Sebagai gantinya, Kemenag meluncurkan kartu nikah digital yang dirilis sejak Mei 2021.

\"Mulai bulan ini Kemenag tidak menerbitkan kartu nikah fisik,\" kata Kepala Subdit Mutu, Sarana Prasarana, dan Sistem Informasi KUA Ditjen Bimas Islam, Jajang Ridwan.

Menurut Jajang, penggantian kartu nikah fisik sudah sesuai dengan Surat Ditjen Bimas Islam B-2361/Dt.III.II/PW.01/07/2021 terkait Penggunaan Kartu Nikah Digital.

Surat ini ditandatangani Plt. Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam, Muhammad Adib Machrus.

“Dalam Surat Edaran Ditjen Bimas Islam tersebut dijelaskan bahwa mulai Agustus 2021 Kemenag tidak lagi menerbitkan kartu nikah secara fisik. Sementara kartu nikah fisik yang tersisa akan kita habiskan,\" ujarnya.

Jajang menjelaskan, layanan kartu nikah bisa diakses di semua Kantor Urusan Agama (KUA) yang telah terintegrasi dengan Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah Web).

Menurutnya, saat ini hampir 100 persen KUA sudah bisa mengakses Simkah Web.

2

Cara mendapatkannya, pasangan calon pengantin harus mengisi formulir pendaftaran nikah melalui Simkah Web di www.simkah.kemenag.go.id.

Pasangan calon pengatin harus mengisi data-data dengan lengkap, termasuk nomor telepon, dan alamat email yang masih aktif.

Tags :
Kategori :

Terkait