Jembatan Gantung Indiana Jones Ada di Plumbon, Sekarang Ditutup karena Ini

Minggu 22-08-2021,09:00 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

CIREBON - Jembatan gantung bak Film Indiana Jones, rupanya ada juga di Desa Cempaka, Kecamatan Pumbon, Kabupaten Cirebon. Warga menyebutnya Jembatan Cisoka.

Namun, jembatan yang menggunakan rangka dan tali sling baja itu, kini sudah tidak bisa dilewati pejalan kaki. Apalagi oleh kendaraan roda dua.

Warga setempat menutup akses jembatan itu. Pasalnya, kondisi akses penghubung tersebut sudah rusak dan terancam putus.

Karena kondisinya yang rapuh, jembatan yang menghubungkan antara Desa Cempaka dengan Desa Kejuden itu terpaksa ditutup untuk umum oleh masyarakat setempat.

Warga Desa Cempaka memasang portal darurat terbuat dari kayu bambu di depan jembatan dan 50 meter sebelum jabatan. Jabatan gantung itu terbentang sepanjang 20 meter di atas Kali Soka setinggi 10 meter.

“Jembatan ini rusaknya sudah bertahun-tahun, tapi belum juga direnovasi. Sudah ada pengendara sepeda motor yang jatuh dari jembatan hingga patah tulang kakinya. Jembatan ini memang jalur penghubung tercepat menuju Desa Kejuden,” ujar Ahmad Faisal warga setempat kepada radarcirebon.com.

Faisal menyebutkan, sudah 5 kali membuat jembatan di atas Kali Soka tersebut.

2

“Sebelumnya pernah 4 kali dibangun jembatan, tapi ambruk akibat tergerus dan terhantam arus Kali Soka yang deras saat musim penghujan,”sebutnya.

Faisal berharap pemerintah segera merenovasi jembatan gantung atau membuat jembatan yang baru.

“Sudah sering orang-orang dari Pemkab dan Pemprov datang ke sini melaku survei tapi sampai jembatan gantung ini ditutup belum ada realisasi perbaikan,”katanya.

Sementara itu, Andi seorang pengendara sepeda motor asal Desa Kaliwadas kepada radarcirebon.com dirinya terpaksa berputar arah melalui jalur yang lebih jauh.

“Setiap hari saya selalu lewat sini (jembatan gantung) ke tempat kerja di Kejuden. Karena sekarang ditutup, terpaksa saya melalui jalur biasa yang jarak tempuhnya cukup jauh,’”ucapnya. (rdh)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait