Vaksin Dosis Ketiga untuk Garda Terdepan Penanganan Covid-19

Senin 23-08-2021,14:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON- Wakil Bupati Cirebon Hj Wahyu Tjiptaningsih SE MSi didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Hj Enny Suhaeni SKM MKes meninjau vaksinasi dosis ketiga untuk tenaga kesehatan (nakes) Kabupaten Cirebon di kantor Dinas Kesehatan setempat, Jumat (20/8/).

Sesuai anjuran dari pemerintah pusat, para nakes mendapat prioritas vaksinasi dosis ketiga menggunakan vaksin Moderna. Vaksinasi tersebut merupakan booster mengingat para nakes merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

Menurut Ayu, sapaan akrab Wahyu Tjiptaningsih, pemerintah memandang perlu untuk memberikan vaksinasi dosis ketiga kepada para nakes. Hal tersebut mengingat nakes merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19. “Alhamdulillah para nakes mulai terima vaksinasi dosis ketiga dengan menggunakan vaksin Moderna,” ujar Ayu.

Ia menjelaskan, vaksin Moderna buatan Amerika Serikat ini memiliki kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) lebih kuat dari vaksin Sinovac. KIPI yang timbul di antaranya demam, pegal-pegal, dan sakit pada bagian tubuh lainnya.

Meski demikian, kata Ayu, pemerintah sudah menyiapkan obatnya agar para nakes tidak terganggu dengan KIPI tersebut. “Tidak usah takut, pemerintah memberikan vaksinasi ketiga ini justru sebagai bentuk perhatian kita karena tugas nakes banyak melayani masyarakat. Jadi supaya terbentuk herd immunity nakes,\" kata Ayu.

Sasaran vaksinasi nakes dosis ketiga pada tanggal tersebut sebanyak 200 nakes dari total nakes yang ada. Ayu menambahkan, pelaksanaan vaksinasi nakes dosis ketiga tersebut dilakukan bertahap sesuai dengan jumlah vaksin yang diterima. “Memang kita menunggu, Dinkes hanya menerima vaksinnya, tapi setelah ada vaksinnya kita langsung berikan. Dan vaksinasi ini sebenarnya sudah mulai dari Kamis  kemarin,\" paparnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinkes Kabupaten Cirebon Hj Enny Suhaeni SKM MKes mengatakan stok vaksin Moderna yang sudah diterima Dinas Kesehatan sebanyak 474 vial atau 6.636 dosis. Berdasarkan laporan yang ia terima per tanggal 19 Agustus 2021, kata Enny, jumlah nakes di Kabupaten Cirebon yang sudah disuntik vaksin Moderna sebanyak 963 orang. Atau sekitar 13,20 persen dari total nakes sebanyak 7.282 orang.

2

“Jadi memang masih sedikit karena kita ingin pemberian vaksin ini harus diatur, satu puskesmas itu tidak boleh melakukan vaksinasi satu kali selesai. Dan itu sudah saya sampaikan saat persiapan pemberian vaksinasi melalui zoom meeting, agar setiap puskesmas mengatur jadwal vaksinasinya. Karena KIPI-nya ada demam, pegal, sakit dan lainnya. Tapi itu juga tidak semua mengalami KIPI seperti itu,\" paparnya.

Karena itu, bagi nakes yang sudah disuntik vaksin Moderna, pihaknya memberikan waktu untuk istirahat selama dua hari. Secara keseluruhan, capaian vaksinasi di Kabupaten Cirebon sebanyak 371.849 atau 20,86 persen dari sasaran sebanyak 1.782.964. (dri/Adv)

Tags :
Kategori :

Terkait