Kerja Bersama Wujudkan RW Bersih

Senin 30-08-2021,12:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

LOMBA RW Bersih tahun 2021, menjadi momentum untuk terus meningkatkan kebersamaan dalam mewujudkan lingkungan yang bersih. Dengan sinergitas antara pemerintah dan masyarakat, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon yakin visi Cirebon Bersih dapat terealisasi secara optimal. Untuk itu, tahun depan ditargetkan ada penambahan 100 RW memiliki bank sampah.

Kepala DLH Kota Cirebon Kadini SSos mengatakan, antusias masyarakat dalam mengikuti lomba RW Bersih, menjadi semangat terbarukan bagi DLH untuk lebih mempersiapkannya. Terlebih tahun 2022 ditargetkan ada 100 RW lagi yang akan dibina mengikuti lomba tersebut. “Kami sangat mengapresiasi seluruh elemen masyarakat yang berpartisipasi aktif dalam mewujudkan Cirebon Bersih,” ujarnya usai menyerahkan seluruh hadiah lomba RW Bersih tahun 2021, beberapa waktu lalu.

Antusias masyarakat terlihat dari banyaknya RW mendaftarkan diri untuk tahun depan. Disamping itu, Kadini mengapresiasi seluruh kelurahan di Kota Cirebon, yang turut membina lingkungannya untuk lebih peduli terhadap pengelolaan persampahan. Bahkan, bank sampah yang telah ada di RW, mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Seperti membayar listrik, biaya sekolah, dan kebutuhan hidup dasar lainnya, dapat dipenuhi dari tabungan sampah.

Bahkan, lanjut Kadini, ada beberapa RW di Kota Cirebon yang telah meraih penghargaan tingkat nasional terkait pengelolaan persampahan dan lingkungan. Hal ini, diharapkan dapat memberikan motivasi bagi RW lain untuk terus meningkatkan bank sampah maupun lingkungannya, agar lebih aktif dan bermanfaat. Dengan adanya bank sampah, membantu pemerintah dalam menyelesaikan target sampah selesai di tingkat rumah tangga. Disamping itu, manfaat yang didapatkan dengan kesadaran kolektif tersebut, membantu menciptakan lingkungan bersih, asri, dan sehat. (ysf)

Tags :
Kategori :

Terkait