Per Aspera Ad Astra, 100 Tahun RSD Gunung Jati, Begini Sejarah Rumah Sakit Tertua di Cirebon

Rabu 01-09-2021,11:45 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

Per aspera ad astra, menjadi semboyan Kota Cirebon yang juga menjadi tonggak sejarah pembangunan Rumah Sakit Daerah (RSD) Gunung Jati yang kini berusia atau HUT ke 100 tahun.

SEMBOYAN Per Aspera Ad Astra berkorelasi dengan keadaan Cirebon pada abad 20. Yang kotor, jorok dan dilecehkan.

Apalagi dengan adanya Kali Bacin yang penuh dengan tumpukan kotoran bercampur genangan air asin dari muara Laut Cirebon.

Kali Bacin juga yang menyebabkan Kota Cirebon sering kebanjiran. Tumpukan sampah itu, terbawa ke daratan. Membawa bau tidak sedap. Dan menyebabkan penyakit.

Per Aspera Ad Astra berarti dari duri onak dan rawa-rawa menjadi bintang. Semboyan ini menjadi tekad Gemeente Cirebon mengubah wajah kota dari rawa-rawa menjadi daerah yang berkembang dan maju.

Upaya yang dilakukan adalah memperbaiki sarana dan prasarana, infrastruktur perkotaan, hingga sarana air bersih. itu semua ditunjang dengan pembangunan Rumah Sakit Oranje. Cikal bakal dari RSD Gunung Jati.

Kali Bacin yang menjadi sumber penyakit malaria, dan lingkungan kumuh di sekitarnya kemudian ditutup tahun 1917. Pengurugan kali itu kemudian dijadikan gedung, pabrik rokok BAT dan infrastruktur jalan.

2

Pembangunan RSD Gunung Jati atau Rumah Sakit Oranje dilakukan 14 Maret 1920. Yang kemudian selesai dan diresmikan pada 31 Agustus 1921 oleh De Burgermeester Van Cheribon \"J. H Johan\", sehingga tanggal 31 Agustus 1921 ditetapkan sebagai hari lahir RSUD Gunung Jati Kota Cirebon.

Pembangunan rumah sakit pada waktu itu dinilai sangat mewah dan mahal, biayanya adalah f.544.00,- (lima ratus empat puluh empat gulden) yang diperoleh dari Gemeente Van Cheribon ditambah dana dari pabrik gula sewilayah Cirebon serta dana para dermawan.

Rumah sakit mulai berfungsi pada tanggal 1 September 1921 sebagai Gemeemtelijk Ziekenhuis dengan nama \"Oranje Ziekenhuis\", dibawah pimpinan dr. E. Gottlieb sebagai kepala rumah sakit yang pertama.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait