Pemkot Cirebon dan Pelindo akan Sulap Kawasan Pesisir, Mulai Program Kotaku Hingga Wisata Heritage Pelabuhan

Kamis 02-09-2021,15:55 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

CIREBON - Pemerintah Kota Cirebon lewat Program Kotaku dan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Persero akan menyulap kawasan pesisir Panjunan hingga area Pelabuhan Cirebon.

Proses revitalisasi kawasan ini, brebarengan dengan pengerjaan program Kotaku Panjunan dari Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR).

Wakil Walikota Cirebon, Dra Hj Eti Herawati mengatakan, yang saat ini sedang berlangsung adalah pengerukan Sungai Sukalila dan masih ada sisa 400 meter.

\"Sekarang sedang berjalan, ada BBWS Cimancis, DPUPR, DPRKP, Pelindo,\" kata wakil walikota, kepada radarcirebon.com, Kamis (2/9/2021).

Disebutkan dia, program dari Kementerian PUPR yakni Kotaku adalah untuk pengentasan daerah kumuh. \"Kalau melihat dari site plan sangat menarik. Jadi kita ingin ini di-linkan dengan Pelindo,\" tuturnya.

Wawali mengaku sudah menyampaikan ke Pelindo agar bekerja sama untuk menciptakan kawasan yang indah.

Pihaknya bahkan sudah menyurati dan mengajukan permohonan untuk bisa penataan di sisi seberang Sungai Sukalila. Sebab, program Kotaku hanya menyentuh di sisi kiri atau Kelurahan Panjunan.

2

\"Ke depan jadi kawasan yang cantik, ada kuliner dan lain sebagainya,\" tutur dia.

Sementara itu, General Manager Pelindo II Cirebon, Tengku Mursalin R mengungkapkan, sebagai BUMN ikut berperan aktif dalam mendukung program Kota Cirebon untuk mengoptimalkan lingkungan pelabuhan.

\"Ada beberapa program di kantor pusat yang akan disinergikan dengan Pemerintah Kota Cirebon,\" ucapnya.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait