Karyanya Sudah Menjelajah ke Korea, Pengrajin Batik Kampung Kriyan Dapat Ini dari Disparbud Jabar

Jumat 03-09-2021,04:30 WIB
Reporter : Junaedi
Editor : Junaedi

CIREBON - Membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat bagikan 200 paket sembako di Kampung Kriyan, Kota Cirebon.

Pembagian sembako tersebut merupakan program Smiling Berbagi Disparbud Jabar. Dipilihnya Kampung Kriyan karena sebagai daerah penghasil batik berpewarna alami yang ada di Kota Cirebon. Batik yang dihasilkan warga Kriyan sudah menjelajahi pasar di Korea Selatan.

“Saya ucapkan terima kasih ke Pak Gubernur Jawa Barat yang hari ini sudah memberikan bantuan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Bantuan yang diberikan sangat bermanfaat untuk warga di tengah pandemi Covid-19 yang hingga kini masih terjadi,\" ujar Wakil Wali Kota Cirebon, Hj Eti Herawati usai pelaksanaan berbagi sembako, Kamis (2/9).

Wakil Walikota menuturkan, Kota Cirebon menjadi salah satu daerah yang mendapatkan program Smiling Berbagi Disparbud Jabar dikarenakan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat pernah menjadi Penjabat (Pj) Wali Kota Cirebon.

“Pj satu tahun. Jadi sudah hafal daerah di Kota Cirebon. Saat ini, Kota Cirebon menjalankan PPKM level 3, turun dari sebelumnya level 4. Kita berdoa bersama agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemprov Jawa Barat, H Dedi Taufikkurohman menjelaskan, sesuai arahan Gubernur Jawa Barat kegiatan berbagi diintensifkan selama pandemi Covid-19.

“Smiling Berbagi ini  merupakan program Silih Tulungan dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemdaprov Jabar untuk warga yang terdampak pandemi Covid-19. Total ada 1.500 paket sembako yang disebar di beberapa tempat,\"jelasnya.

2

Masih di tempat yang sama, Jean Subagio seorang Putri Indonesia asal Jawa Barat mengaku bangga bisa berkunjung ke Kampung Kriyan penghasil batik pewarna alami di Kota Cirebon.

“Saya sih berharap warga Kriyan tetap semangat membatik sekalipun pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia. Saya yakin kita semua bisa melewatinya. Saya sangat menyukai makanan khas Cirebon. Satu kata untuk Cirebon, luar biasa,” singkatnya.

Sebelum di Kota Cirebon pembagian paket sembako juga dilakukan di Sukabumi, Depok, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bandung. (rdh)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait