Kedepankan Pelayanan Digital dan Prima, BPJAMSOSTEK Rayakan HAPELNAS Dengan Aksi Layanan

Selasa 07-09-2021,09:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON – Hari Pelanggan Nasional diperingati kembali pada 5 September 2021 yang lalu. Dalam momentum tersebut, BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) memanfaatkannya untuk mempererat hubungan dengan seluruh peserta. Dengan mengusung tema \"Protecting and Empowering\", pada tahun ini BPJAMSOSTEK ingin membangun komitmen untuk melindungi maupun memberdayakan tenaga kerja dan ahli waris.

Hal tersebut disampaikan secara langsung oleh Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Unsur Pekerja, Agung Nugroho dalam kunjungannya ke Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Cirebon, kemarin (6/9). Agung juga menyampaikan bahwa ke depannya BPJS Ketenagakerjaan akan lebih adaptif lagi terhadap perubahan yang terjadi di Indonesia.

“Nantinya pelayanan kami akan mengedepankan pelayanan digital dan prima kepada peserta maupun keluarganya. Dimana kita bertekad melaksanakan same day service, dimana dalam satu hari semuanya bisa ada pencairan,” ujar Agung.

Selama masa PPKM Darurat ataupun Level, jelas Agung, pihaknya lebih mengedepankan penggunaan digitalisasi yang sudah tersedia di BPJS Ketenagakerjaan. Salah satunya adalah mengunakan BPJSTKU yang merupakan opsi selain datang secara langsung dimana peserta bisa mudah melakukan akses digital tersebut. “Memang kalau ada yang belum familiar juga tetap kita bantu melalui kantor-kantor cabang kami,” imbuh Agung.

Senada juga diungkapkan oleh, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Cirebon, Mulyana, bahwa pihaknya akan terus mengutamakan dan mengedepankan dari sisi pelayanan. Salah satu contohnya adalah Ketika masa pandemic Covid-19, dimana pihaknya sudah bisa melakukan pelayanan secara digital.

“Ini sebagai bentuk sosialisasi kami kepada masyarakat agar dalam mengajukan klaim Jaminan Hari Tua tidak perlu berbondong-bondong datang ke BPJS Ketenagakerjaan. Cukup download aplikasi dan pengajuannya tidak harus datang ke kantor cabang. Ini lebih efektif dan efisien,” kata Mulyana.

Dalam sehari juga, BPJS Ketenagakerjaan Cirebon bisa menyelesaikan sekitar 50 klaim Jaminan Hari Tua dalam sehari dan tentunya dengan pelayanan yang lebih mudah dan nyaman. “Ke depan kita selalu mengedepankan kemudahan dalam setiap prosesnya. Apalagi, jika dari sisi administasi sudah dinyatakan lengkap itu satu hari sudah bisa selesai,” terang Mulyana.

2

Selain itu dalam perayaan Hari Pelanggan Nasional tersebut dilakukan juga aksi layanan yang dilakukan oleh seluruh jajaran Direksi dan Dewan Pengawas BPJAMSOSTEK kepada masyarakat Kota Cirebon yang datang langsung ataupun melakukan pengajuan secara online oleh jajaran pimpinan BPJS Ketenagakerjaan. Serta diserahkan juga klaim JKK Meninggal, JHY, dan JP dengan besaran yang bervariasi. Salah satu yang terbesar yakni Rp.143.052.950.

Ditempat terpisah juga, Direktur Umum dan SDM BPJAMSOSTEK Abdur Rahman Irsyadi, mengungkapkan bahwa pihaknya terus meningkatkan budaya pelayanan yang lebih baik guna menciptakan loyalitas serta pengalaman yang menyenangkan (customer experience) bagi para peserta.

Tak hanya itu, BPJAMSOSTEK juga menggandeng beragam stakeholder dan komunitas untuk memberikan edukasi kepada ahli waris peserta berupa literasi keuangan, pemberdayaan perempuan dan penyandang disabilitas. Hal tersebut bertujuan memberikan ketrampilan dan potensi yang bisa digunakan untuk keberlangsungan hidupnya kedepan.

\"Kami ingin mengucapkan selamat hari pelanggan nasional kepada seluruh peserta BPJAMSOSTEK. Melalui momentum ini kami berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik serta perluasan manfaat melalui pemberdayaan bagi ahli waris peserta,\"ujar tutup Abdur, Senin (6/9). (jrl/adv)

Tags :
Kategori :

Terkait