Awas, Ada Aplikasi Palsu PeduliLindungi, Ini Ciri-cirinya

Jumat 10-09-2021,10:15 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

JAKARTA - Pemerintah meminta masyarakat waspada dengan aplikasi palsu PeduliLindungi, yang belakangan tengah beredar.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan, salah satu aplikasi palsu itu menggunakan nama pedulilindungia.com.

Tak hanya nama yang seolah-olah mirip, tetapi tampilannya juga dibuat mirip. Menggunakan logo bahkan gambar PeduliLindungi.

Kominfo menyatakan situs pedulilindungia.com adalah palsu, pemerintah tidak menggunakan situs tersebut untuk menangani COVID-19.

Ada pun situs resmi PeduliLindungi adalah pedulilindungi.id.

\"Seluruh isi dan informasi dalam situs pedulilindungia.com tidak terkait dengan situs PeduliLindungi.id dan tidak berhubungan dengan upaya Pemerintah melakukan penanganan COVID-19 dalam bentuk apapun,\" kata Juru bicara Kemenkominfo, Dedy Permadi.

Untuk tindakan pencegahan, Kemenkominfo sudah memblokir situs palsu itu.

2

Kemenkominfo meminta masyarakat hanya mengakses situs resmi pedulilindungi.id dan aplikasi PeduliLindungi yang resmi, baik di Android Google Play Store maupun App Store untuk pengguna iOS.

Pada Google Play Store, ketika akan mengunduh aplikasi, pastikan ada nama Kementerian Kominfo d bagian bawah tulisan PeduliLindungi.

Pada aplikasi resmi, Kominfo juga tercatat sebagai kontak pengembang aplikasi tersebut.

Pemerintah menggunakan PeduliLindungi sebagai sistem pelacakan kontak atau contact tracing untuk mengatasi penyebaran virus corona tanah air. (yud)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait