DP3AP2KB Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil

Jumat 24-09-2021,12:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana  (DP3AP2KB) Kota Cirebon menggelar Gebyar Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil, Kamis (23/9). Bertempat di RS Budi Asta, hadir langsung Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon dr Edy Sugiarto MKes, serta pengurus Ikatan Bidan Indonesia (IBI).

Kepala DP3AP2KB Kota Cirebon, Suwarso Budi Winarno menjelaskan, Gebyar Vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil merupakan bagian dari program nasional dari BKKBN. Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Ikatan Bidan Indonesia, mengerahkan kader untuk mengajak ibu-ibu hamil mengikuti vaksinasi Covid-19.

Kepala Dinkes Kota Cirebon Dr Edy Sugiarto mengatakan, vaksin Covid-19 yang digunakan saat ini terbukti aman dan dapat digunakan. Sehingga, tidak perlu ada keraguan. Sebab, kehamilan adalah satu kondisi yang juga menjadi komorbid dari Covid-19. namun terdapat persyaratan yang harus dilakukan. Khususnya usia kehamilan, harus sudah memasuki 13 minggu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon Agus Mulyadi menuturkan, vaksinasi dapat menurunkan angka komorbiditas dan mortalitas pada ibu hamil. Dari 10 kasus ibu hamil yang terpapar Covid-19, tujuh di antaranya meninggal dunia, dan hanya lima bayi yang dapat diselamatkan. Sehingga, dengan vaksinasi ini, diharapkan dapat menekan angka kematian ibu dan bayi.

Pemerintah juga meminta tidak perlu ada keraguan dari masyarakat terhadap vaksinasi ibu hamil. Sebab, seringkali ibu hamil tidak mau mengikuti vaksinasi Covid-19 karena berbagai informasi yang diterima, hingga adanya larangan dari keluarga. (abd/adv)

Tags :
Kategori :

Terkait