Ibu Hamil Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19

Senin 27-09-2021,12:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil yang menjadi program BKKBN melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Cirebon mendapatkan apresiasi dari ibu hamil.

Dewi (32), warga Penggung Utara sedang hamil anak ketiga. Saat ini usia kandungannya 28 minggu, atau 7 bulan. Dewi mendapat info adanya vaksinasi ibu hamil dari kader yang dapat undangan. \"Infonya, yang bisa dapat vaksin ibu hamil itu yang usia kehamilannya lima bulan ke atas. Saya diberi info oleh bidan, kalau hamil lima bulan kuat, dibolehkan,” ujarnya.

Dirinya sempat khawatir, bahkan ragu untuk vaksinasi. Sehingga, lebih dalam lagi mencari informasi. Setelah mendapat informasi yang cukup tentang vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil, akhirnya, dia mengikutinya. Saat vaksinasi di RS Budi Asta, Dewi datang diantar langsung oleh suaminya.

Kepala DP3AP2KB, Suwarso Budi Winarno MSi menjelaskan, perkembangan kasus Covid-19 menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan kasus pada ibu hamil di sejumlah kota besar di Indonesia dalam keadaan berat (severe case). Wanita hamil memiliki peningkatan risiko menjadi berat apabila terinfeksi Covid-19. Khususnya pada wanita hamil dengan kondisi medis tertentu.

Dengan mempertimbangkan semakin tingginya jumlah ibu hamil yang terinfeksi Covid-19, tingginya risiko bagi ibu hamil apabila terinfeksi jadi berat, serta berdampak pada kehamilan dan bayinya, maka diperlukan upaya untuk memberikan vaksinasi Covid-19.

“Pemberian vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil tersebut juga telah ada rekomendasi Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI),” kata Budi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, dr H Edy Sugiarto MKes menjelaskan, Surat Edaran HK.02.01/I/2007/2021 tentang Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil dan penyesuaian skrining dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19,  secara nasional sebenarnya dimulai 2 Agustus 2021. Kegiatan tersebut dengan prioritas pada daerah risiko tinggi. Vaksin yang dapat digunakan untuk ibu hamil ini adalah platform m-RNA Pfitzer dan Moderna. Lalu, vaksin platform inactivated Sinovac, sesuai ketersediaan.

2

Pemberian dosis pertama vaksinasi Covid-19 dimulai pada trimester kedua kehamilan. Untuk pemberian dosis kedua, dilakukan sesuai dengan interval dari jenis vaksin.

Vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil dilaksanakan dengan menggunakan format skrining pada kartu kendali untuk ibu hamil. (abd/adv)

Tags :
Kategori :

Terkait