Komisi IV DPRD Dorong Anggaran BPJS PBI Perlu ditambah

Jumat 08-10-2021,13:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON-Komisi IV DPRD Kabupaten Cirebon terus mendorong Pemerintah Kabupaten Cirebon untuk meng-cover jaminan kesehatan gratis kepada masyarakat yang tidak mampu masuk dalam kepesertaan BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari APBD.

Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Cirebon Yoga Setiawan SE mengatakan, berdasarkan amanat undang-undang, kewajiban pemerintah, termasuk pemerintah daerah (Pemda) memfasilitasi terkait dengan masyarakat tidak mampu.

Menurutnya, di masa pandemi Covid-19 ini banyak warga Kabupaten Cirebon yang dahulu mampu sekarang menjadi tidak mampu. Karena itu, pihaknya akan mengusulkan tambahan anggaran kepesertaan BPJS PBI untuk warga yang tidak mampu.

“Agar kedepan Dinas Kesehatan bisa leluasa memberikan rekomendasi kepada kepihak BPJS, jadi tidak terbentur dengan atau terkait kekurangan anggaran lagi. Karena sudah ada pos anggaran yang sudah maksimum, jadi mereka leluasa,” katanya.

Walaupun begitu, lanjut Politisi Partai Hanura itu, dirinya berharap kedepan program tersebut dapat berjalan sampai ke tingkat bawah.

Pemerintah daerah bisa sinergis dengan pemerintahan desa bagaimana caranya menanggung atau memfasilitasi warga yang tidak mampu.

“Artinya dari pihak pemdes bisa bersinergi dengan dinas-dinas terkait, terkait dengan usulan-usulan keluarga yang layak yang mendapatkan KIS atau BPJS gratis dari PBI yang ditanggung oleh pemerintah daerah,” pungkasnya. (sam/adv)

Tags :
Kategori :

Terkait