Kirab Merah Putih, Cara Kota Cirebon Tanamkan Nilai Kebangsaan

Sabtu 09-10-2021,18:07 WIB
Reporter : Junaedi
Editor : Junaedi

CIREBON - Masih dalam rangkaian memperingati HUT ke-76 TNI, Pemerintah kota Cirebon bersama TNI-POLRI menggelar Kirab Merah Putih, Sabtu (9/10).

Kirab Merah Putih dilepas langsung oleh Wali Kota Cirebon H Nashrudin Azis dari Balaikota Cirebon menuju Astana Gunung Jati.

Wali Kota Cirebon yang ikut dalam rombongan kirab disambut langsung oleh Patih Keraton Kanoman Gusti Pangeran Patih Raja Muhammad Qodiran digerbang Astana Gunung Jati.

Selanjutnya, Wali Kota Cirebon menyerahkan kotak kayu berisi bendera pusaka kepada Patih Keraton Kanoman untuk diinapkan semalam di Astana Gunung Jati.

Kemudian, wali kota dan rombongan langsung melakukan ziarah kubur ke makam kanjeng sunan Gunung Jati didampingi Gusti Pangeran Patih Raja Muhammad Qodiran.

Wali Kota Cirebon H Nashrudin Azis ditemui radarcirebon.com usai ziarah mengungkapkan, kegiatan kirab Merah Putih tersebut dilakukan untuk mengkirabkan bendera pusaka merah putih.

“Bendera ini menunjukkan nilai-nilai kebangsaan. Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati HUT ke-76 TNI dan merupakan ide dari Maulana Al Habib Muhammad Luthfi bin Yahya atau lebih dikenal dengan nama Habib Luthfi. Selain digelar untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan, kirab ini juga dilakukan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT,\" ungkapnya.

2

Wali kota mengaku khidmat saat berziarah di makam Sunan Gunung Jati. “Tadi terasa sangat khidmat. Apalagi dilakukan di makam leluhur dan orang  yang pertama memimpim pemerintahan di Cirebon,” ujarnya.

Dijelaskan Azis,  Minggu (10/10), bendera pusaka merah putih yang sudah disemayamkan semalam di Astana Gunung Jati dan dikhatamkan Al Quran dibawa kembali ke Balai Kota Cirebon dengan cara dikirabkan lagi.

\"Nah, malam harinya (10/10) digelar tausiah kebangsaan yang menghadirkan langsung Habib Luthfi. Tausiah kebangsaan digelar terbatas mengingat pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Namun, masyarakat tetap bisa menyaksikan tausiah secara langsung melalui jaringan televisi RCTV dan live streaming,\"jelasnya.

Hadir dalam kirab tersebut, pengasuh pondok pesantren Khas Kempek Cirebon KH Mustafa Aqiel Siradj, Wali Kota Cirebon H Nashrudin Azis, Sekda Kota Cirebon H Agus Mulyadi, Kapolres Cirebon Kota AKBP M Fahri Siregar, Dandim Kota Cirebon Letkol Inf Andi Hasbullah dan pejabat lainnya. (rdh)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait