Gempa Bumi M 4,8 Pacitan Jawa Timur, Informasi Terkini dari BMKG

Rabu 13-10-2021,15:35 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

PACITAN - Gempa bumi mengguncang wilayah Pacitan Jawa Timur pada pukul 12.00 WIB, Rabu, 13 Oktober 2021. Informasi terkini dari BMKG, kekuatan gempa mencapai 4,8 Magnitudo.

Episenter berada di kedalaman 55 km. Lokasi tersebut, pada 8.87 Lintang Selatan dan 110.97 Bujur Timur.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yan terjadi merupakan jenis dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Eurasia terhadap Lempeng Indo Australia di Selatan Jawa.

Guncangan dirasakan disebagian wilayah Jawa lainnya seperti Wonogiri, Trenggalek, Gunung Kidul, Bantul, Yogyakarta, Klaten dan sejumlah wilayah lainnya.

Sejumlah warganet yang berada di Yogyakarta mengaku turut merasakan guncangan yang pusatnya terjadi di Pacitan, Jawa Timur.

BMKG menghimbau masyarakat yang wilayahnya terkena dampak agar menghindari bangunan yang retak dan rusak akibat guncangan tersebut.

Sejauh ini belum diketahui akibat dari guncangan tersebut apakah menimbulkan kerusakan atau korban di wilayah terdampak.

2

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono menjelaskan jenis dan mekanisme gempa bumi berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya.

Yang terjadi merupakan jenis dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia di Samudra Hindia, Selatan Jawa.

BMKG pun memastikan, hingga pukul 12.40 WIB, tidak tercatat gempa susulan.

Oleh karena itu BMKG mengimbau, masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (yud/nadli/mg/JP)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait