Cirebon Jadi Pusat Penelitian Korsel

Jumat 15-10-2021,12:15 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON- Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) menandatangani kerjasama kesepakatan dengan Korea Selatan. Di dalamnya terdapat proyek kerjasama melalui Marine Technology Cooperation Research Center (MTCRC). Rencananya program MTCRC itu akan dipusatkan di ITB Jatinangor Kampus Cirebon.

Guna memastikan kerjasama itu, Menteri Samudera dan Perikanan Korsel Moon Seong-Hyeok berkunjung ke ITB Kampus Cirebon dan Pelabuhan Cirebon, kemarin.

Dalam kesempatan itu Chairman of Advisory Board MTCRC Safri Burhanuddin mengatakan kunjungan sang menteri dalam rangka meninjau secara langsung ikon kerjasama research yang baru antara Korea Selatan dengan negara yang lain, setelah dinilai berhasil oleh masyarakat Korea Selatan.

Terkait dengan bentuk kerjasamanya, Safri menjelaskan, pihaknya akan dibiayai penuh oleh Korea Selatan berserta team researchnya. Nantinya, Korea Selatan akan diberikan fasilitas kantor hingga selesai project di 2024 dengan peneliti yang berasal dari Korea Selatan dan Indonesia sendiri. (jrl)

Tags :
Kategori :

Terkait