NUChat, Aplikasi Media Sosial Punya Warga Nahdliyin, Berikut Keunggulannya

Senin 25-10-2021,18:45 WIB
Reporter : Junaedi
Editor : Junaedi

CIREBON - Guna mempermudah masyarakat berkomunikasi jarak jauh, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bekerjasama dengan PT Gerbang Prima Sukses meluncurkan platform digital berupa aplikasi perpesanan yang diberi nama NUChat.

Peluncuran aplikasi NUChat tersebut berlangsung di Pondok Pesantren KHAS Kempek Kabupaten Cirebon, Senin (25/10).

Ditemui radarcirebon.com di sela-sela kegiatan peluncuran, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj mengatakan, aplikasi NUChat merupakan jawaban atas tantangan di era digital.

\"Ini merupakan jawaban kita era revolusi industri 4.0. Dan Ini merupakan kemajuan luar biasa bagi NU. Lahirnya NUChat merupakan upaya warga NU beradaptasi pada era digital,\" katanya.

KH Said Aqil Siroj menegaskan, bahwa aplikasi NUChat tersebut bukan hanya untuk kalangan NU saja.

\"Ini untuk umum, silakan masyarakat langsung saja memakai aplikasi NUChat. Jadi, aplikasi NUChat ini tak hanya diperuntukkan bagi warga NU saja,\" tegasnya.

Menurut Ketua Umum PBNU ini, aplikasi NUChat dilengkapi dengan sistem keamanan.

2

\"Data pribadi pengguna pun dijamin aman jadi tidak perlu khawatir. Aplikasi ini juga merupakan sarana bagi NU untuk mengelola database. Konon katanya anggota (warga) NU itu berjumlah 94 juta. Ini bagian database, untuk memastikan juga warga NU agar terdaftar,\"ujarnya.

Nahdlatul Ulama (NU), lanjut KH Said Aqil, selalu kerap tertinggal mengikuti kemajuan zaman.

\"Padahal, hampir sebagian aktivitas masyarakat saat ini dilakukan secara digital, mulai dari melakukan percakapan hingga pembayaran infaq atau sedekah,\" ucapnya.

Sementara itu, Dirut Supertex, Sandjaja Thahajadiputra menjelaskan, salah satu keunggulan aplikasi ini adalah bisa berkomunikasi dengan jaringan yang tak stabil.

\"Ketika ada gangguan jaringan atau terputus, pesan yang dikirim melalui NUChat otomatis beralih ke SMS. Ada juga fitur lainnya, bisa untuk pembayaran zakat melalui digital, umrah dan kurban,\"jelasnya.

Sandjaja mengungkapkan, aplikasi NUChat dilengkapi dengan keamanan dan hak privasi bagi penggunanya.

\"Ini dibuat sesuai dengan aturan yang ada. Kita memiliki filter, termasuk konten-konten yang tak pantas. Kita kerja sama dengan telekomunikasi operator seluruh Indonesia. Jadi, dari segi privasi, keamanan dan lainnya terjaga,\" ungkapnya.

Disebutkan Sandjaja, Aplikasi perpesanan ini bisa diunduh melalui PlayStore.

Tags :
Kategori :

Terkait