Bank Sampah Grebeg Pasar, Jual Sampah ke Radar Cirebon Dapat Kupon Undian Emas Plus Uang

Senin 01-11-2021,13:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON- Radar Cirebon Group kembali menggelar kegiatan Grebeg Pasar Bank Sampah Berundian Emas, Sabtu pagi (30/10). Tepatnya di Pasar Drajat yang berlokasi di Jalan Drajat, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon. Kegiatan tersebut disambut antusias masyarakat. Bahkan ada yang menjual hingga 22 kilogram sampah.

Koordinator Kegiatan Bank Sampah Berhadiah Emas, Surya, mengatakan kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian Radar Cirebon Group dalam penanganan sampah. “Dan kali ini menyasar para pedagang pasar dan juga ibu-ibu rumah tangga yang sedang berbelanja di pasar tersebut,” kata Surya.

“Alhamdulilah berjalan lancar. Memang dari awal kita menerima sampah-sampah seperti gelas plastik, kardus, kertas HVS atau LKS punya anak-anaknya bisa dijual ke kita,” lanjut Surya.

Cara menjualnya juga cukup mudah, dengan membawa sampah tersebut saat Radar Cirebon Group road show ke pasar-pasar setiap pekannya. Atau bisa mendatangi langsung Graha Pena Radar Cirebon di Jalan Perjuangan Nomor 9 Cirebon.

Pekan ini, kata Surya, Grebeg Pasar akan dilakukan di Pasar Pagi. Tepatnya pada Kamis (4/11). “Kita lakukan dahulu di Cirebon. Nanti Kamis (4/11) kita laksanakan di Pasar Pagi. Jual 1 kilogram, dapat satu kupon plus uangnya. Tidak hanya dapat kuponnya saja tapi dapat uangnya juga,” terang Surya.

Sementara itu, Direktur Utama PD Pasar Berintan melalui Kasubid Pemeliharaan PD Pasar Berintan Asep Mugiyono mengungkapkan pihaknya sangat menyambut dengan baik kegiatan yang dilakukan Radar Cirebon, khususnya dalam menanggulangi permasalahan sampah yang ada di pasar-pasar di Kota Cirebon.

Ia mengatakan ini kegiatan baik dalam mengatasi persoalan sampah di pasar-pasar. “Kami berterima kasih sekali adanya kegiatan ini dan harapannya ke depan akan lebih ditingkatkan lagi. Lebih banyak lebih bagus,” ungkapnya.

2

Selama ini, lanjut Asep, pihaknya bekerjasama dengan DPRKP dan DLH untuk menangani permasalahan sampah yang ada. “Tiap hari diangkut sampah dari semua pasar, ada 10 pasar. Memang untuk pengelolaan sampah daur ulang belum ada,” katanya.

Senada, perwakilan pengelola Pasar Drajat, Fadharifudin Arif mengatakan pihaknya sangat setuju dengan adanya program tersebut. Apalagi dapat mengurangi sampah-sampah yang menumpuk di Pasar Drajat.

Ia juga mengungkapkan antusiasme dari para pedagang juga tinggi.  “Kita sambut baik karena manfaatnya supaya pasar ini bersih dan juga dilihatnya enak. Antusias pedagangnya sangat banyak yang jual. Mudah-mudahan bisa ditingkatkan,” ungkapnya.

Berkaitan dengan para pedagang, pihaknya juga telah melakukan sosialisasikan terkait dengan kegiatan ini dan diharapkan bisa diadakan kembali di Pasar Drajat. “Sudah disosialisasikan ke pedagang. Harapan tambah maju, pasar tambah maju tambah bersih. Kalau bisa sering-sering diadakan,” tutupnya. (jrl)

Tags :
Kategori :

Terkait