Manajemen Goa Sunyaragi Diambil Alih Keraton Kasepuhan, Patih Sepuh: Minggu Besok Buka Lagi

Sabtu 13-11-2021,15:42 WIB
Reporter : Junaedi
Editor : Junaedi

CIREBON - Akhirnya pengelolaan manajemen Taman Air Goa Sunyaragi (TAGS) diambil alih oleh pihak Keraton Kasepuhan.

Hal tersebut disampaikan oleh Patih Sepuh Keraton Kasepuhan Pangeran Raja Goemelar Soeriadiningrat saat ditemui radarcirebon.com di Taman Air Goa Sunyaragi, Sabtu (13/11/2021).

\"Pengurus lama sudah demisioner dan pengelolaan goa Sunyaragi sepenuhnya ditangani Keraton Kasepuhan,\" ucapnya.

Dia melanjutkan, Pihak Kesepuhan akan menyusun kepengurusan baru pengelolaan goa Sunyaragi. \"Semoga manajemen yang baru akan lebih baik lagi. Kalau ada miskomunikasi atau salah faham, nanti kedepannya kita evaluasi lagi,\" lanjutnya.

Terkait siapa yang akan mengurus Taman Air Goa Sunyaragi, pihaknya akan berembuk dengan keluarga. \"Nanti kita musyawarah dengan keluarga besar,\" bebernya.

Dengan demikian, mulai Minggu (14/11/2021) Taman Air Goa Sunyaragi akan dibuka lagi. \"Ini objek wisata bersejarah, sayang kalau ditutup karena akan menjadi pertanyaan masyarakat,\" ungkap Patih Sepuh.

Saat disinggung mengenai pembentukan Taman Air Goa Sunyaragi (TAGS) yang baru oleh Sultan Luqman, Patih Sepuh Keraton Kasepuhan PR Goemelar Soeriadiningrat mengaku belum mengetahuinya. \"Perihal pembentukan TAGS yang baru oleh Sultan Luqman, saya belum tahu\" imbuhnya.

2

Sementara, BPTAGS bentukan Sultan Sepuh XIV PRA Arif Natadiningrat mengembalikan surat mandat pengelolaan kepada Keraton Kasepuhan melalui Patih Goemelar.

“Kami yang diangkat oleh SK mendiang PRA Arief Natadiningrat, sepakat untuk menyerahkan kepengurusan BPTAGS ke Keraton Kasepuhan, dalam hal ini Patih Sepuh Keraton Kasepuhan PR Goemelar Soeriadiningrat,” kata Humas BPTAGS bentukan Sultan Arif, Eko Ardi Nugraha. (rdh)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait