SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Semaan Alquran

Senin 15-11-2021,09:03 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Sebanyak 21 siswa SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah mengikuti Semaan Alquran (Tasmi\'ul Quran) kedua lebih dari tiga juz. Kepala SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah, Mustaghfiroh SSos mengatakan, Semaan Alquran kemarin, dilaksanakan kedua kalinya. Dari sebelumnya hanya tiga siswa, Semaan Alquran saat ini diikuti 21 siswa. “Mereka ini hafalannya lebih dati tiga juz. Ada yang sudah mencapai lima dan enam juz,” kata Mustgahfiroh.

Semaan Alquran ini, kata Mustaghfiroh, diharapkan, siswa dapat menjaga hafalannya. Tidak hanya sebatas hafal, tapi harus bisa menjaganya. “Semaan Alquran yang sangat berbeda. Tidak hanya didengarkan di depan teman, guru,  tapi juga di depan orang tua siswa,” terangnya.

Diharapkan, siswa termotivasi meningkatkan hafalannya. Tidak hanya target tiga juz, tapi bisa lebih. Ada yang sudah tercapai 5-6 juz. Mustaghfiroh membeberkan, siswa yang sudah hafal Alquran enam juz bernama Fida Hasnaunnisa (kelas VIII-C), Achmad Baraja (kelas IX-B) hafal lima juz, Annisa Nurfadilah (kelas VIII-C) hafal empat juz, Azzahra Humaira Salsabila dan Aghnia Rizqi Amalia (kelas IX-A) hafal empat juz, sedangkan siswa lainnya hafal tiga juz. “Insya Allah hafalan mereka semakin bertambah,” terangnya.

Ketua Komite SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah, Maria Ernawati mengatakan, di balik ikhtiar siswa ini, ada peran Allah SWT. Mutlak karena rahmat Allah SWT. “Semoga Allah SWT merahmati kita semua. Patut bersyukur memiliki ayah bunda yang sudah menyekolahkan kalian di sekolah ini (SMP Al-Irsyad),” tuturnya.

Perwakilan orang tua siswa, Krisna Meylinda Hapsari mengaku bersyukur bisa menyaksikan anaknya di acara Semaan Alquran. Tentu saja ini adalah bagian dari tanggung jawab sebagai orang tua untuk bisa menempatkan putra-putri di pusat pembelajaran berbasis ilmu. “Alhamdulillah masih bisa menyaksikan putra-putri kita di acara Semaan Alquran,” ujarnya.

Sementara itu, Ustad Mursyid, perwakilan dari Yayasan Al-Irsyad Al-lslamiyyah mengaku bersyukur bisa menyaksikan langsung Semaan Alquran. “Tentu ini menjadi kebanggaan karena siswa bisa menghafal Alquran,” ucapnya. (abd/adv)

Tags :
Kategori :

Terkait