Adidas Sebut Wayang Kulit dari Malaysia, Digeruduk Netizen, Minta Maaf

Selasa 16-11-2021,06:20 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

BRAND peralatan olahraga Adidas dikecam usai menyebut Wayang Kulit berasal dari Malaysia. Kini, perusahaan tersebut juga menyampaikan permintaan maaf.

\"Merayakan warisan budaya Malaysia lewat mata @JAEMYC dalam #UltraBOOST DNA City Pack berikutnya,\" tulis Adidas, dalam keterangan unggahannya.

Produk yang masuk dalam koleksi City Pack ini diumumkan melalui akun Instagram resmi Adidas Singapura pada Rabu (10/11) lalu dan dirilis satu hari setelahnya.

Unggahan ini, lantas menuai kecaman. Atas adanya polemik itu, Adidas lantas mengubah caption dari unggahannya.

\"Berasal dari Indonesia, Wayang Kulit telah menginspirasi daerah lain di Asia Tenggara. Desain #UltraBOOST DNA City Pack memberi penghormatan kepada bentuk seni dengan menggabungkan elemen Wayang Kulit dengan palet warna modern, dalam pendekatan \"lama-bertemu-baru\" pada DNA UltraBOOST. Paket diluncurkan pada 11 November 2021. Catat tanggalnya!\" tulis keterangan unggahan itu.

Adidas juga menyampaikan permohonan maaf atas kekeliruan tersebut.

\"Wayang Kulit adalah bagian yang signifikan dari kebudayaan Malaysia. Seharusnya kami juga menyebutkan bahwa Wayang Kulit berasal dari Indonesia,\" demikian klarifikasi tersebut. (yud)

2

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait