Terkait Festival Seni dan Budaya, BPTAGS yang Baru Belum Terima Rekomendasi Dari Kepolisian

Rabu 17-11-2021,21:30 WIB
Reporter : Junaedi
Editor : Junaedi

CIREBON - Pengurus baru Badan Pengelola Taman Air Goa Sunyaragi (BPTAGS) hingga kini belum menerima surat rekomendasi maupun izin diadakannya pagelaran Festival Seni dan Budaya Nusantara di Taman Air Goa Sunyaragi dari pihak kepolisian.

Hal tersebut diungkapkan Raden Chaidir Susilaningrat selaku Wakil Direktur BPTAGS ditemui di Taman Air Goa Sunyaragi, Rabu (17/11/2021).

\"Belum, belum ada surat dari kepolisian. Kami sebagai pengelola kalau memang harus dilaksanakan, ya kami harus siap. Mengenai mau diizinkan atau tidak, ya itu yang berwenang tentunya. Intinya kami siap memfasilitasi kalau memang harus dilaksanakan, kalaupun tidak ya kami tetap akan beberes di objek wisata ini untuk supaya wisatawan lebih nyaman dan pengunjungpun lebih welcome,\" ungkapnya.

Sebelumnya, Polres Cirebon Kota (Ciko) hingga kini belum mendapat surat rekomendasi dari Mabes Polri maupun Polda Jabar terkait perizinan Festival Seni dan Budaya Nusantara tersebut.

\"Belum, sampai saat ini kita (Polres Ciko) belum terima surat rekomendasi dari Mabes Polri maupun Polda Jabar. Jadi begini, berdasarkan PP nomor 60 tahun 2017 tentang tata cara pengawasan dan perizinan harus memiliki surat izin. Karena event ini berskala nasional, maka pihak panitia harus mendapatkan izin dari Kapolri atau Mabes Polri,\" ungkap Kapolres Cirebon Kota (Ciko) AKBP M Fahri Siregar kepada radarcirebon.com di Mapolres Cirebon Kota, Selasa lalu (16/11/2021).

AKBP M Fahri menuturkan, pihaknya sudah berkoordinasi pihak panitia agar mengajukan izin ke Mabes Polri.

\"Sebenarnya kami sudah komunikasikan kepada panitia agar mengajukan surat kepada Mabes Polri dan juga kami sudah fasilitas dan komunikasi dengan Polda Jabar. Untuk pengajuan surat ke Kapolri dan Mabes Polri itu jangka waktunya 21 sebelum hari pelaksanaan event tersebut,\" tuturnya.

2

Kapolres berharap agar event festival tersebut untuk ditunda sementara.

\"Meski Kota Cirebon sudah masuk level 1, tapi kan tetap ada batasan-batasannya. Apalagi kegiatan festival ini pastinya akan mengundang banyak orang. Jadi, kami mengimbau kepada panitia untuk menunda kegiatan tersebut sampai surat izin dari Mabes Polri maupun Polda Jabar turun,\" ujarnya.

 Namun, Satgas Covid-19 Kota Cirebon telah mengeluarkan surat rekomendasi kegiatan Festival Seni dan Budaya Nusantara diizinkan untuk dilaksanakan di Taman Air Goa Sunyaragi Cirebon.

\"Ya, benar kami sudah mengeluarkan surat rekomendasi tersebut dan mengizinkan event Festival Seni dan Budaya Nusantara dilaksanakan di Taman Air Goa Sunyaragi,\"ungkap Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon Agus Mulyadi.

Perlu diketahui, Festival Seni dan Budaya Nusantara bakal digelar pada 26 hingga 28 November 2021 mendatang di Taman Air Goa Sunyaragi Cirebon. Dan, rencananya akan dihadiri para sultan maupun raja se-nusantara terancam batal dilaksanakan.

Namun, sejumlah keluarga keraton di Cirebon menolak digelarnya festival tersebut. (rdh)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait