Baznas Launching Program Burjo

Rabu 01-12-2021,10:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Program pemberdayaan masyarakat kembali diberikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Cirebon. Selasa (30/11), memberdayakan nelayan kerang ijo, bekerja sama dengan Samadikun Communnity melalui program Bantu Nelayan Kerang Ijo (Burjo).

Ketua Baznas Kota Cirebon, M Taufik SAg menjelaskan, pihaknya mencoba membantu memberdayakan nelayan kerang ijo melalui program Burjo. Sebanyak 40 nelayan, terbagi empat kelompok, kata Taufik, diberikan suport langsung oleh Baznas. Setelah mendapatkan bantuan, maka, Baznas akan memberikan pendampingan selama setahun lebih, mulai edukasi dan evaluasi. Menggandeng Samadikun Communnity, kata dia, semoga meningkatkan perekonomian masyarakat.

Arif Rahman dari Samadikun Communnity mengatakan, pihaknya merupakan komunitas yang membantu masyarakat untuk berbagai program. Baik agama, sosial, pendidikan, dan kesehatan. \"Insya Allah bantuan untuk masyarakat,\" tegasnya. Samadikun Communnity, kata Arif Rahman, terus berkontribusi kepada masyarakat dengan harapan, bisa berdaya semangat.

Lurah Kesenden, Ruliyanto mengapresiasi Baznas atas perhatian memberdayakan masyarakat. Ini berbanding lurus pandemi Covid-19 terkait pemulihan ekonomi di tataran masyarakat. Dia berharap bisa membantu masyarakat terdampak Covid-19.

“Kelurahan tidak bisa berbuat banyak karena keterbatasan anggaran. Anggarannya kena refocusing tapi tetap melakukan koordinasi lintas sektoral,” kata Ruliyanto.

Ketua DPRD Kota Cirebon, Affiati SPd menjelaskan, berhasil tidaknya Burjo, tergantung peran masyarakat patuh menerapkan prokes. \"Semoga pandemi bisa segera berakhir,\" ujarnya.

Sebagai alumni Covid-19 , kata Affiati, pihaknya mengapresiasi Baznas yang membantu nelayan kerang ijo. \"Saya apresiasi Baznas dan Samadikun Communnity. Ketuanya semangat sekali, lurahnya juga bersemangat,\" tandasnya. Maka dari itu, dirinya mendukung penuh program pemberdayaan masyarakat.

2

Asisten Pemerintahan dan Kesra, Drs Sutisna MSi bangga, pemuda di Samadikun bisa memberdayakan masyarakat. Pemda mengapresiasi langkah Baznas yang memberdayakan masyarakat. “Baznas luar biasa. (abd/adv)

https://youtu.be/t88k1buKUHQ
Tags :
Kategori :

Terkait