7 Makanan Aneh Tapi Kaya Gizi, Berani Coba?

Kamis 02-12-2021,07:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

APA makanan paling aneh yang pernah Anda makan selama ini? Yakin sudah cukup aneh untuk dimakan atau dikonsumsi? Pertanyaannya adalah, apakah makanan aneh itu benar-benar aman dan memiliki gizi yang dibutuhkan tubuh, atau malah sebaliknya?

Tapi ternyata memang ada sederet makanan aneh yang memiliki gizi tinggi, loh…

Dan itu ada di Indonesia. Bahkan masyarakat di sejumlah daerah sudah menjadikan deretan bahan ini untuk diolah menjadi makanan.

Hanya saja, lantaran tidak banyak yang mengolahnya, jenis makanan ini tidak cukup popular atau dikenal.

Tidak hanya itu, bahan utama makanan ini juga terbilang cukup aneh.

Jadi, untuk Anda yang ingin mencobanya, kudu mempersiapkan diri dan cukup tega untuk melahap dan memasukkan ke dalam mulut Anda.

Lalu, apa saja deretan makanan aneh tapi kaya gizi itu?

1. Sarang Lebah

2

Sarang lebah dibentuk dengan senyawa propolis. Ribuan tahun lalu, Propolis sudah digunakan sebagai obat untuk mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan luka.

Kini, propolis masih terus digunakan dan dimanfaatkan serta diambil manfaatnya yang kaya tapi sudah dalam kemasan yang jauh lebih modern serta bisa dikonsumsi dengan mudah.

Propolis dikonsumsi bersamaan dengan madu. Di dalamnya, memiliki kandungan antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi.

Beberapa penelitian bahkan menemukan keterkaitan erat antara propolis dengan proses penyembuhan luka yang lebih cepat, mengatasi gejala herpes, dan mencegah kanker jenis tertentu.

2. Ubur-ubur

Tidak banyak masyarakat mengetahui bahwa tidak semua ubur-ubur beracun. Malah, ubur-ubur juga bisa diolah menjadi makanan.

Jika dibersihkan dan dipersiapkan dengan tepat, beberapa jenis ubur-ubur terbukti aman dari kontaminasi bakteri atau patogen lainnya.

Dikutip dari Healthline, 58 gram ubur-ubur kering mengandung 3 gram protein, 1 gram lemak, 45 pesen kebutuhan selenium harian, 10 persen kebutuhan kolin harian, dan 7 persen kebutuhan zat besi harian.

Tags :
Kategori :

Terkait