Musim Hujan Tiba, Inilah Komponen Penting Mobil Anda yang Harus Dicek

Selasa 07-12-2021,06:45 WIB
Reporter : Junaedi
Editor : Junaedi

CIREBON – Hujan deras hampir setiap hari mengguyur Kota Cirebon dan sekitarnya, diprediksi kondisi seperti ini akan berlangsung sepekan kedepan.

“Prediksi akan terjadi sampai puncak musim hujan pada Januari hingga Februari 2022,” ujar Kepala Pusat Meteorologi Publik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Fahri Radjab di Jakarta, Senin (6/12/2021).

Tentu saja situasi ini perlu waspada, apalagi bagi anda yang setiap hari beraktivitas dengan kendaraan roda empat.

Ketika musim hujan, mobil membutuhkan perawatan ekstra. Pasalnya, bagi pengendara membutuhkan kesiapan kendaraan yang baik saat memasuki musim hujan.

Hal itu untuk memastikan agar pengemudi tidak mengalami masalah saat berada di jalan. Bagi pengedara bisa melakukan pengecekan beberapa komponen mobil yang menunjang aktivitas berkendara di musim hujan.

Nah, menghadapi musim hujan berikut beberapa komponen mobil yang wajib diperiksa. Demikian keterangan tertulis Auto2000, Senin (6/12/2021).

2

1. Ban

Salah satu komponen penting dari sebuah kendaraan adalah ban, tugasnya sangat berat dan tanpa kompromi. Bidang kontak ban dengan jalan sangat terbatas dan harus berputar setiap saat, saat bersamaan kinerjanya menurun saat jalan licin.

Lakukan pengecekan rutin dengan prioritas utama pada tekanan ban. Sebab, tekanan ban yang pas memastikan telapak ban mendapatkan daya cengkeram yang optimal ke aspal jalan, khususnya di jalan licin.

Periksa ketebalan telapak ban via Tread Wear Indicator (TWI) di alur telapak ban. Kemudian bersihkan telapak ban dari kerikil agar tidak mengganggu kinerja ban.

Tags :
Kategori :

Terkait