IAI BBC Helat Pelaksanaan ICOBBA

Selasa 07-12-2021,19:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON- Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon (IAIBBC) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta terkemuka di Provinsi Jawa Barat yang memiliki segudang prestasi membanggakan. Berbagai prestasi diraih IAI BBC tentu memiliki perjuangan yang gigih, dan disiplin. Prestasi terbaik IAI BBC adalah menjadi Rintisan Smart Campus Terbaik oleh Kemenag RI Tahun 2020.

Rektor IAI BBC, DR H Oman Fathurohman MA menuturkan, Renstra IAI BBC dalam beberapa tahun kedepan adalah menjadikan IAI BBC sebagai kampus terbaik dalam bidang riset dan teknologi sebagai bagian dari pengamalan tri dharma perguruan tinggi. Hal ini dibuktikan dengan progress IAIBBC yang terus meningkat mulai dari perkembangan mahasiswa, dosen dan kelembagaannya.

“Tahun 2022 pengembangan kelembagaan IAIBBC diproyeksikan untuk menjadi Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon yang disingkat menjadi UI BBC. Ditahun yang sama, IAI BBC juga mengajukan pembukaan program pascasarjana S2 Ekonomi Syariah dan S3 Manajemen Pendidikan. Hal ini menunjukan Eksistensi IAIBBC dan kepercayaan masyarakat IAIBBC dalam pengambangan Pendidikan tinggi begitu nyata,”tutur Rektor Oman kepada Radar Cirebon, kemarin.

Dalam hal ini, IAI BBC juga menggelar International Conference Of Bunga Bangsa Cirebon (Icobba). Icobba merupakan bagian dari implementasi IAI BBC dalam tridharma perguruan tinggi bidang penelitian. Icobba ini dilaksanakan secara daring pada hari Rabu8 Desember 2021 sebagai implementasi kerjasma IAIBBC dengan empat institusi dari empat negara yakni YASMA Foundation Kamboja, Muhammadiyah Association of Thailand, An Nokmah Education Centre Singapore, dan International Islamic University Malaysia.

“Kami selaku Rektor IAI BBC berharap dengan adanya seminar internasional ini dapat memberikan wawasan dan peningkatan mutu dosen dalam bidang penelitian dan publikasi ilmiah dosen sehingga dapat berkontribusi dalam kanca internasional,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua LPPM IAI BBC, Mohammad Ridwan MESy, mengatakan, sebagai bagian dari implementasi tri dharma perguruan tinggi LPPM IAI BBC memiliki mailstone dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat untuk mewujudkan kampus terbaik berbasis riset. Hal ini dilakukan sebagai bukti bahwa SDM IAI BBC merupakan SDM Unggul yang memberikan kontibusi nyata untuk mencerdaskan bangsa khususnya di wilayah Cirebon dan umumnya di jawa barat hingga nasional.

“Kami selaku Lembaga penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIBBC berharap dengan adanya Icobba ini dapat lebih meningkatkan kualitas dosen dalam penelitian, pengabdian masyarakat maupun publikasi karya ilmiah. Dan kedepannya international conference ini akan kita agendakan setiap tahunnya di IAIBBC,”tuturnya didampingi Ketua Panitia Icobba Dr Dian Widiantari MAg.

2

Adapun narasumber Icobba yakni Prof Dr Mohd Zain Musa Presidn YASMA Foundation Kamboja, Dr Abdulhaviz Hilley Presiden Muhammadiyah Association of Thailand, Dr Nek Mah Batre Presiden An Nokmah Education Centre Singapore, Dr Sonny Zulhada Presiden International Islamic University Malaysia, dan Dr Dian Widiantari MAg Ketua Program Studi MPI Pascasarjana IAI BBC.

Icobba diikuti oleh 84 presenter unsur mahasiswa dan dosen, 306 partisipan unsur mahasiswa dan dosen dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Outpun kegiatan ini yaitu Proseeding dan jurnal Internasional Bereputasi. Ke depan IAI BBC menjadi kampus riset dengan produk jurnal nasional dan internasional bereputasi.(via/opl)

Tags :
Kategori :

Terkait