Singapura Miliki Alat PCR Khusus Deteksi Varian Omicron

Kamis 09-12-2021,07:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

MUNCULNYA Covid-19 varian Omicron yang menjadi Variant of Concern (VOC) memimbulkan kekhawatiran tak terdeteksi oleh mesin tes PCR. Karena itu, para peneliti di Singapura dari perusahaan bioteknologi, BioAcumen Global, meluncurkan kit reaksi rantai polimerase (PCR) Covid-19 spesifik untuk Omicron.

“Kit Deteksi Omikron BioA yang baru mampu mendeteksi varian Omicron secara spesifik, selain varian virus Korona sebelumnya,” menurut The Straits Times.

Seseorang yang melakukan tes ini akan menerima satu dari tiga hasil. Apa saja? Yaitu positif Covid-19 dan Omicron positif; positif Covid-19 dan Omicron negatif; atau Covid-19 dan Omicron negatif.

“Saat ini, kit PCR di sini yang mampu mendeteksi Omicron memerlukan langkah pengurutan gen tambahan untuk mengonfirmasi varian tertentu. Ini membutuhkan satu hari tambahan,” kata pihak perusahaan.

Kemampuan test kit ini untuk mendeteksi dan mengidentifikasi varian Omicron secara khusus akan mempercepat proses pengujian. Hasil tes PCR biasanya memakan waktu sekitar beberapa jam hingga satu hari untuk diproses, setelah memperhitungkan waktu yang dibutuhkan untuk swabbing, logistik, dan pengunggahan hasil tes. Ini tidak termasuk waktu yang dibutuhkan untuk pengurutan gen tambahan jika perlu.

Beberapa kit PCR, seperti yang saat ini digunakan oleh perusahaan teknologi medis Acumen Diagnostics dan perusahaan biotek MiRXES, dapat mendeteksi strain Delta dan Omicron. Akan tetapi, untuk mengonfirmasi jika kasus positif telah terinfeksi oleh Omicron, pengurutan gen diperlukan .

Keuntungan lebih lanjut dari uji BioA Omicron adalah telah dikeringkan-beku, atau diliofilisasi, sehingga tidak memerlukan pendinginan, tidak seperti alat uji PCR basah lainnya. Mekanisme ini telah menyederhanakan persyaratan penyimpanan dan transportasi, memungkinkan kit disimpan pada suhu kamar hingga satu tahun.

2

Menggunakan kit PCR khusus Omicron beku-kering ini sederhana. Sampel swab ditambahkan ke dalam butiran bahan yang telah dicampur sebelumnya, kemudian campuran tersebut dimasukkan melalui mesin PCR. Hasil akan siap sekitar 90 menit setelah swab diambil.

BioAcumen Global mulai membuat kit beku-kering pada Mei. Kit ini telah diuji dengan sekuens buatan gen spike Omicron yang diketahui dan membutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk diproduksi. 0erusahaan berharap kit ini akan digunakan di tempat-tempat seperti pos pemeriksaan imigrasi.

“Kami sedang mencari cara untuk mengurangi langkah-langkah dan waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan tes ini,” kata perusahaan.

Sejauh ini, para ilmuwan telah melihat lebih dari 30 mutasi pada protein lonjakan Omicron. Selain itu, ada juga penghapusan enam nukleotida yang tidak ada dalam varian lain yang beredar saat ini seperti strain Delta. Kit khusus Omicron BioAcumen secara khusus mendeteksi penghapusan khusus ini.

Protein lonjakan adalah bagian penting dari virus yang memungkinkan untuk mengikat sel manusia dan memfasilitasi infeksi sel. Saat ini, tim tersebut mampu menghasilkan hingga 8 ribu tes beku-kering dalam sehari, dibandingkan dengan hingga 25 ribu tes per hari dari versi basah tradisional. Ada rencana untuk mengekspor kit khusus Omicron basah ke negara-negara seperti Indonesia.(jp)

Tags :
Kategori :

Terkait