7 Cara Senam Otak saat Hilang Konsentrasi dan Fokus

Minggu 12-12-2021,03:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Gerakan ini pas sekali untuk yang sedang duduk di depan meja belajar. Untuk melakukan gerakan mengisi energi, letakkanlah lengan bawah dan tangan di meja, sejajar pundak dengan jari tangan sedikit miring ke dalam.

Lalu, dekatkan badan hingga menyentuh meja. Tarik napas sambil menahan punggung, tengkuk, dan kepala tetap tegak. Terakhir, hembuskan napas sambil menurunkan lalu menaikkan dagu.

Gerakan mengisi energi berfungsi untuk menenangkan sistem saraf pusat dan memperbaiki postur tubuh.

6. Gerakan silang berbaring (cross crawl sit-ups)

Sekarang, waktunya berbaring di atas karpet di lantai untuk melakukan gerakan silang berbaring. Angkat sedikit kepala dan kakimu, lalu satu tangan menyentuh lutut arah berlawanan secara bergantian. Jangan lupa menggerakkan kaki seperti main sepeda.

Melakukan gerakan silang berbaring secara rutin dapat memperkuat otot perut, melegakan punggung bagian bawah, dan mengaktifkan kedua belah otak secara bersamaan sehingga mudah menerima pelajaran.

7. Pernapasan perut (belly breathing)

Bicara soal brain gym, gerakan yang satu ini tidak boleh ketinggalan. Seperti namanya, gerakan ini akan mengajarkan kamu cara bernapas lewat perut. Ini penting sekali lho, karena bernapas dengan perut akan menyediakan cukup oksigen agar otak bekerja maksimal.

2

Bagaimana cara melakukan pernapasan perut? Pertama, letakkan kedua tangan di atas perut. Lalu, kosongkan paru-paru dengan membuang napas pendek. Setelah itu, barulah bisa menarik, menahan, dan membuang napas dalam hitungan masing-masing 3 detik. (jp)

Tags :
Kategori :

Terkait