Sepuluh Tahun, Kim Jong Un Membuka Era Baru

Selasa 14-12-2021,06:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

SETELAH terpilih sebagai kepala negara sepuluh tahun yang lalu, Kim Jong Un telah memberikan kontribusi yang luar biasa agar Republik Rakyat Demokratik Korea dapat berperan membela keadilan internasional dan mencapai perdamaian global.

Diplomasi Strategis Terhadap Kekuatan Besar

Kim Jong Un telah melakukan analisis dan penilaian yang baik dalam menyeimbangkan kekuatan dan perkembangan di arena politik dunia melalui berbagai kegiatan eksternal dengan kekuatan besar di kawasan. Hal ini tentu bertujuan untuk memperkuat kerjasama dan kontribusi demi memastikan keamanan dan menjaga perdamaian di Semenanjung Korea.

Pertama, ia sangat mementingkan hubungan tradisional khusus antara negaranya dan China. Keduanya memperkuat hubungan persahabatan dan kerja sama melalui diplomasi antara kepala negara.

Kim Jong Un beberapa kali telah bertemu dengan Presiden Xi Jinping dari China, di Pyongyang, Beijing, dan Dalian. Keduanya melakukan diskusi mendalam mengenai masalah-masalah yang terkait dengan penguatan pemahaman strategis, serta menjaga perilaku di kancah internasional.

Kim juga melakukan kegiatan eksternal yang energik dengan Rusia, mengonsolidasikan hubungan tradisional antara negaranya dengan Rusia. Ia bertemu dengan Presiden Vladimir Putin di Vladivostok. Keduanya membahas masalah-masalah yang menjadi perhatian bersama di arena politik internasional dan kerjasama antara kedua negara untuk pembangunan di kawasan.

Hubungan antara RRD Korea dengan China dan Rusia akhirnya menjadi lebih dekat, keseimbangan strategis antara kekuatan di sekitar semenanjung Korea tercapai, dan situasi internasional yang menguntungkan untuk mempertahankan stabilitas dan perdamaian dunia tercipta.

2

Hubungan antara Kim Jong Un dan dua kepala negara tersebut menarik perhatian khusus masyarakat internasional. Media menyebut langkah tersebut merupakan diplomasi pragmatis dan substansial.

Diplomasi yang Mengguncang Dunia Terhadap Amerika Serikat

Kim Jong Un menampilkan citranya di depan dunia sebagai pemimpin negara yang inovatif dan fleksibel dengan diplomasi positif terhadap Amerika Serikat.

Seperti yang diketahui semua orang, hubungan antara RRD Korea dan AS adalah yang paling bermusuhan di planet ini selama 70 tahun terakhir.

Menilai RRD Korea sebagai duri dalam dagingnya, AS telah menggunakan segala cara dan metode yang mungkin untuk mencekik Korea Utara, yang selalu mengikuti jalan kemerdekaan dan sosialisme.

Tanggapan RRD Korea terhadap AS sungguh di luar imajinasi. Ketika AS menggunakan ancaman nuklir, ia telah memiliki kemampuan untuk melakukan pembalasan yang memusnahkan terhadap daratan AS.

Hubungan bilateral, yang semakin memburuk, merupakan sumber ancaman paling parah tidak hanya terhadap situasi di Semenanjung Korea tetapi juga perdamaian dan keamanan global, yang menimbulkan kekhawatiran yang berkembang di kalangan masyarakat internasional.

Dalam beberapa tahun terakhir, Kim Jong Un mengatur pertemuan puncak dengan AS beberapa kali dengan proposal yang berani dan proaktif, mengejutkan dunia.

Tags :
Kategori :

Terkait