Empat Warga Rusia Didakwa atas Kejahatan Dunia Maya

Rabu 22-12-2021,02:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

PENGADILAN AS kembali menjerat warga Rusia terkait dengan kejahatan dunia maya. Penjabat Pengacara Amerika Serikat Nathaniel R. Mendell, mengatakan pada Senin (20/12), bahwa empat warga Rusia didakwa dalam dua dakwaan yang diajukan di Boston.

\"Empat warga negara Rusia didakwa dalam dua dakwaan yang diajukan hari ini di Boston atas dugaan keterlibatan dalam skema peretasan dan perdagangan global,\" katanya, seperti dikutip dari TASS.

Pernyataannya itu mengomentari keputusan Swiss untuk mengekstradisi Vladislav Klyushin dari Rusia ke Amerika Serikat pada bulan lalu.

Empat terdakwa itu adalah Michail Kozak, Igor Sladkov, Nikolai Ulianchev, Ivan Ermakov.

Dakwan terhadap keempat tersangka menyusul perburuan AS terhadap warga Rusia yang dicurigai melakukan aktivitas kejahatan dunia maya.

Pengadilan AS pada Juli lalu mendakwa Vladislav Klyushin, yang perusahaan Rusianya menawarkan layanan pemantauan media dan keamanan siber kepada klien termasuk kepresidenan dan pemerintah.

Klyushin diduga terlibat dalam serangan peretas terhadap perusahaan AS, serta melakukan transaksi keuangan berdasarkan informasi rahasia yang diduga dicuri sebelumnya. Ia ditangkap d Swiss dan pada Sabtu (18/12), ia diekradisi ke AS untuk menjalani persidangan.(rmol)

2

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait