Tol Cisumdawu Ditarget Selesai Awal Tahun 2022, Bandara Kertajati Bakal Hidup Lagi

Kamis 23-12-2021,06:40 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

BANDUNG - Tol Cisumdawu diharapkan selesai pembangunannya dan dapat beroprasi pada awal tahun 2022 mendatang, sehingga dapat segera dirasakan manfaatnya.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berharap, akses tol penghubung Bandung-Majalengka tersebut dapat beroperasi sesuai target. Sehingga menjadi penggerak aktivitas perekonomian.

Juga menjadi pendukung akses dari Bandung menuju Majalengka, khususnya ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

\"Nunggu yang akses Cisumdawunya tembus, sehingga full. Jadi dari Bandung ke Cipali, Cipali ke Kertajatinya langsung,\" ujar Kang Emil  di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (22/12/2021).

Kang Emil mengungkapkan, akses Tol Cipali menuju ke Bandara Kertajati sepanjang 3,7 kilometer bahkan sudah rampung. Sehingga nantinya tinggal menghubungkan Cisumdawu dan Cipali.

Gubernur yakin, keberadaan akses tol tersebut dapat memberi angin segar bagi BIJB Kertajati. Sehingga aktivitas penerbangan dapat kembali hidup.

Sebelumnya, Tenaga Ahli Kemenko Marinves, Nicky E Kosasih justru menargetkan penyelesaian baru bisa dilakukan pada April 2022.

2

Menurut dia, progres pekerjaan yang mendekati selesai berada di seksi 1, 2 dan 3. Sedangkan seksi 4, 5, dan 6 masih bervariasi.

Namun menurut dia, masalah terbesar sekarang ini adalah rawan longsor di Mulyasari dan Sirnamulya.

“Sekarang kami masih terus mencoba untuk mengatasi, karena memang longsoran menjadi kendala terbesar kami saat ini,\" kata Nicke. (yud)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait