28 Desember, Lukashenko Siap Temui Putin di Sela KTT CIS

Minggu 26-12-2021,05:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

BELARUSIA akan menjadi bagian dari peringatan 30 tahun organisasi regional negara-negara bekas Uni Soviet CIS. Kantor kepresidenan Belarusian mengatakan, Presiden Alexander Lukashenko akan berkunjung ke St. Petersburg pada 28-29 Desember mendatang untuk berpartisipasi dalam peringatan tersebut dan juga kunjungan kerja lainnya.

Selesai acara tersebut, Lukashenko dijadwalkan bertemu dengan sahabat sekutunya, Presiden Rusia Vladimir Putin.

Para pemimpin CIS akan merangkum hasil kepemimpinan Belarus sepanjang 2021, serta bertukar pendapat tentang penyelesaian masalah bersama, membahas langkah-langkah lebih lanjut untuk meningkatkan efektivitas kerja sama dan pengembangan sosial-ekonomi anggota.

\"Pertemuan yang akan datang akan menjadi istimewa karena peringatan 30 tahun CIS ditandai pada bulan Desember. Presiden Lukashenko akan berpartisipasi di dalamnya, kemudian ada pertemuan informal dengan Presiden Putin,\" kata pernyataan itu, seperti dikutip dari Belta.

Pada 13 Desember, Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan bahwa kedua pemimpin akan bertemu \"sebelum Hari Tahun Baru\" tetapi tidak menentukan tanggalnya.

CIS merupakan organisasi regional yang beranggotakan sembilan negara bekas pecahan Uni Soviet: Armenia, Azerbaijan, Belarus, Kazakhstan, Kirgizstan, Moldova, Rusia, Tajikistan, dan Uzbekistan.

Selain Lukashenko, peserta dalam KTT mendatang yang telah mengkonfirmasi kedatanagnnya adalah Presiden Republik Azerbaijan Ilham Aliyev, Perdana Menteri Republik Armenia Nikol Pashinyan, Presiden Republik Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev, Presiden Pertama Republik dari Kazakhstan Nursultan Nazarbayev, Presiden Republik Kirgistan Sadyr Japarov, Presiden Republik Tajikistan Emomali Rahmon, Presiden Turkmenistan Gurbanguly Berdimuhamedov, dan Presiden Republik Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev.(rmol)

2

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait