Masyarakat Nelayan Samadikun Mengeluh, Ini Janji Walikota Azis

Senin 27-12-2021,02:00 WIB
Reporter : Tatang
Editor : Tatang

CIREBON – Masyarakat nelayan Samadikun, Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon kembali mengeluhkan pendangkalan muara sungai Kedung Pane.

Akibatnya perahu-perahu nelaya mengalami kesulitan ketika ingin melaut maupun masuk ke dermaga.

\"Padahal belum lama sungai ini dikeruk oleh BBWS setelah kami curhat ke pak Lurah Kesenden. Tapi sekarang kondisinya dangkal lagi. Dangkalnya sungai Kedung Pane ini juga disebabkan oleh makin menumpuknya sampah,\" ujar Ketua Forum Nelayan Samadikun, Sofyan kepada radarcirebon.com, Minggu (26/12/2021).

Sofyan berharap Pemkot Cirebon membantu permasalahan pendangkalan sungai Kedung Pane tersebut.

\"Harapan saya dan nelayan di sini sih inginnya sungai ini kembali dikeruk. Bukan hanya tanah atau lumpurnya yang dikeruk, sampah-sampahnya juga ikut dikeruk. Banyak baling-baling perahu rusak karena terlilit sampah,\" ucapnya.

Baca juga:

Di tempat terpisah, Walikota Cirebon Drs H Nasrudin Azis mengatakan, Pemkot Cirebon segera melakukan pengerukan di sungai Kedung Pane.

2

\"Pendangkalan sungai ini sedang menjadi perhatian Pemkot Cirebon khususnya dari PUPR atau dinas terkait kami. Termasuk juga masalah sampah di sungai maupun pantai pesisir Kota Cirebon, Dinas LH kami juga sedang berupaya bagaimana permasalahan sampah ini dapat berkurang atau teratasi dengan baik. Soal pengerukan ini tentunya menjadi salah satu target kami selanjutnya di tahun 2022,\" katanya di rumah dinasnya, Jl Siliwangi, Kota Cirebon, Minggu (26/12/2021).

Sedangkan, Lurah Kesenden Ruliyanto menuturkan, pihaknya akan kembali berkoordinasi dengan pihak BBWS terkait pengerukan pendangkalan sungai.

\"Secepat kami akan berkoordinasi dengan BBWS. Mudah-mudahan bisa dilakukan secepatnya pengerukan sungai Kedung Pane ini,\" tuturnya.

Sementara, nelayan Samadikun bersama masyarakat Kampung Baru, RW01 Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon melakukan kerja bakti bersama, Minggu (26/12/2021).

Kerja bakti bersama tersebut dilakukan sekitar dermag perahu dan gedung bekas Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Kerja bakti tersebut disaksikan langsung Lurah Kesenden Ruliyanto. (rdh)

Tags :
Kategori :

Terkait