Minum Kopi Berlebihan Bisa Menurunkan Kekebalan Tubuh, Simak Penjelasannya

Senin 10-01-2022,06:30 WIB
Reporter : Tatang
Editor : Tatang

JAKARTA - Minum kopi banyak disukai orang bahkan sudah jadi kebiasaan. Ada yang rutin minum kopi di pagi hari setelah bangun tidur, atau siang dan malam hari.

Hasil penelitian, minum kopi memang bisa meningkatkan konsentrasi seseorang dan juga menghilangkan rasa kantuk yang berlebihan.

Namun di sisi lain, minum kopi tidak memiliki efek yang signifikan pada sistem kekebalan tubuh Anda.

Perasaan hangat yang Anda rasakan saat menyeruput kopi saat sakit memang luar biasa, tetapi itu tidak meningkatkan sistem kekebalan tubuh sama sekali.

Secara tradisional, kopi tidak berpengaruh pada kekebalan seseorang. Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Thehealthsite.

Baca juga:

  1. Memicu pelepasan hormon stres

Kafein yang ada dalam kopi tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan dan bisa merangsang sistem saraf simpatik dengan meningkatkan tingkat stres.

2

Terlalu banyak stres adalah alasan pelepasan hormon stres, seperti kortisol yang mengganggu fungsi sistem kekebalan tubuh.

Peningkatan kortisol bertanggung jawab atas sejumlah masalah kesehatan yang berkaitan dengan jantung dan fluktuasi gula darah, kolesterol tinggi, dan trigliserida.

Semua kolektif itu membuat sistem kekebalan tubuh Anda turun.

Baca juga:

  1. Mengganggu sel imun
Tags :
Kategori :

Terkait