Saudi Arabia Sebut BIJB Kertajati Layak Angkut Jamaah Haji dan Umrah

Senin 17-01-2022,07:40 WIB
Reporter : Iing Casdirin
Editor : Iing Casdirin

MAJALENGKA - Senior Manager Komersial Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Agus Sugeng Widodo mengatakan, pada dasarnya Pemerintah Saudi Arabia telah menyatakan kelayakan kepada BIJB Kertajati Majalengka untuk penerbangan umrah dan haji.

Demikian diungkapkan Sugeng, di salah satu rumah makan di Majalengka, Minggu (16/1).

Dijelaskan Sugeng,  pada dasarnya BIJB Kertajati sudah sangat siap melayani penerbangan jamaah haji, namun persoalannya saat ini yang ditunjuk untuk melayani hal itu baru Bandara Soekarno Hatta (Soetta) saja.

Artinya, kata Sugeng, kesiapan dan kelayakan BIJB melayani penerbangan haji dan umrah tersebut, bukan  hanya berdasarkan assesment dari Pemerintah Indonesia.Otoritas Saudi Arabia pernah datang, dan  hasilnya BIJB dinyatakan layak untuk mengangkut jamaah haji dan umrah.

“Jadi pernyataan kelayakan BIJB melayani penerbangan haji dan umrah itu, bukan hanya dari pemerintah Indonesia saja, melainkan juga dari otoritas pemerintah Arab Saudi yang sudah melakukan pemeriksaan dan penilaian kepada BIJB,” jelasnya.

Oleh karena itu kata dia, jika memang ada perintah dari pemerintah pusat BIJB untuk melayani haji dan umrah, pihaknya akan sangat siap sekali, mengingat semua fasilitas yang ada di BIJB semuanya standar internasional dan layak.

“Masalahnya kan belum ada perintah, jika sudah ada perintah, jamaahnya ada tentunya kita bisa go sekarang juga,” tambahnya.

2

Sementara itu saat disinggung terkait pelayanan jasa cargo, Sugeng mengakui jika saat ini pihaknya tengah melayani penerbangan cargo, dengan jumlah rata-rata 15 ton per hari, dan akan naik bulan depan menjadi 45 ton per harinya.  (pai)

Tags :
Kategori :

Terkait