Hotline Layanan Telemedisin Gratis bagi Pasien Covid-19

Sabtu 19-02-2022,15:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

PEMERINTAH membuka layanan Telemedisin Gratis Kemenkes dapat diakses bagi masyarakat yang melakukan tes PCR atau Antigen di Lab yang terafiliasi Kemenkes.

Hingga Jumat (18/2) pukul 18:00 WIB, pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit berada di posisi 37 persen dari total kapasitas tempat tidur isolasi dan ICU COVID-19 nasional. Angka ini naik 1 persen dari Kamis (17/2) sebesar 36 persen.

Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan masyarakat dapat menghubungi lewat WhatsApp Kemenkes di Nomor 081110500567, atau melalui Email sertifikat@pedulilindungi.id dan Call Center di nomor 119 ext. 9

Layanan telemedisin terus ditingkatkan dan diperluas untuk membantu agar masyarakat yang isoman dapat memperoleh fasilitas pengobatan yang memadai, sehingga mereka tidak perlu dirawat di rumah sakit,” ujar Nadia Tarmizi dalam keterangannya, Sabtu (19/2).

BACA JUGA:

·  Kasus Covid-19 Kota Cirebon Terus Menanjak, Kadinkes: Kalau Saya Sih Minta PJJ, Save The Community!

·  Kota Cirebon Level 4 Situasi Covid-19 Terkini, Hasil Asesmen Kemenkes

2

Nadia menuturkan, pasien OTG dan gejala ringan yang dilayani fasilitas telemedisin sampai 14 Februari 2022 telah mencapai 158.075 untuk wilayah Jawa dan Bali. Dari jumlah tersebut, 136.028 pasien sudah menerima layanan konsultasi dan menerima resep elektronik.

“Setelahnya, 129.100 resep obat telah dikirimkan ke rumah pasien, dan 85 persen diantaranya menerima obat H+1 sejak dipesan,” katanya.

Bagi pengguna telemedisin yang tidak mendapat WhatsApp dari Kemenkes, bisa mengkonfirmasi ke laman isoman.kemkes.go.id/panduan. Masyarakat bisa memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) ke dalam laman tersebut untuk melanjutkan ke tahap pengajuan berikutnya.

Berita berlanjut dihalaman berikutnya:

BACA JUGA:

·  Kota Cirebon Level 4 Transmisi Komunitas, Satu-satunya di Jawa Barat

·  Omicron Sudah Menyebar di Jawa Barat, Paling Banyak di Kota Ini

·  Cegah Penyebaran Omicron, Jokowi Beri Instruksi Percepat Vaksinasi Kedua dan Booster

Tags :
Kategori :

Terkait