Gerakan Maca Sewelas, Tingkatkan Minat Baca Siswa

Minggu 06-03-2022,17:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Radarcirebon.com - LITERASI ialah istilah umum yang merujuk pada kemampuan dan keterampilan seseorang dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, juga memecahkan masalah dalam kehidupan. Seperti halnya yang dilakukan oleh komunitas GEMAS atau Gerakan Maca Sewelas, ekstrakurikuler literasi di SMPN 11 Cirebon.

Komunitas Gerakan Maca Sewelas ini telah masuk tahun ke-7, setelah dibentuk pada tahun 2015. Tujuan dibentuknya komunitas GEMAS adalah untuk membantu siswa-siswi berpikir secara kritis dan meningkatkan pengetahuan terhadap siswa yaitu dengan cara membaca, menumbuhkan serta mengembangkan nilai budi pekerti yang baik dalam diri siswa, dan untuk meningkatkan minat baca anak muda.

Komunitas ini dikelola oleh dua orang pembina yaitu Ibu Lilis Nurhayati dan Pak Cecep Mohamad. Sasaran komunitas ini adalah seluruh siswa-siswi SMPN 11 Cirebon. Kegiatan yang dilakukan yaitu membaca, mereview buku, mengikuti program tantangan membaca 24 buku atau biasa disebut CLRC (Cirebon Leader’s Reading Challenge) yang merupakan program dari Dinas Pendidikan Kota Cirebon, dan mengikuti perlombaan di dunia literasi seperti cipta baca puisi dan cerpen.

Adapun hal yang paling berkesan dalam komunitas yaitu saat wisuda literasi 2019. Bahkan, bisa ikut banyak lomba dan sering jalan-jalan menjadi hal yang berkesan dan membuat mereka tidak merasa bosan. Karena selain bertempat di sekolah, GEMAS juga terkadang memilih tempat di luar sekolah seperti ke Keraton di Cirebon, Gua Sunyaragi, bahkan sempat berkunjung ke Radar Cirebon guna mencari referensi untuk karya yang akan dibuat oleh anggota. 

BACA JUGA:

Kemudian, Pak Cecep mengungkapkan tentang kendalanya, yaitu pada saat pandemi sehingga tidak dapat melakukan kegiatan secara bertatap muka. Selain itu, selama berjalannya komunitas, suka dan duka kerap dirasakan. “Sukanya, GEMAS itu seru banget! Banyak bercandanya jadi nggak serius-serius amat. Dukanya, kalau lagi bikin karya kadang idenya buntu, belum terbiasa dikejar deadline,” tutur Athallah, salah satu anggota GEMAS.

Di akhir wawancara, Pak Cecep menyampaikan harapannya untuk komunitas, “Semoga semakin banyak siswa-siswi yang minat terhadap Gerakan Maca Sewelas,”. Lalu, ditutup dengan harapan yang disampaikan alumni GEMAS, Andika dan Selina, “Semoga GEMAS kedepannya semakin sukses dan semakin berprestasi. Semoga anggotanya bisa lebih aktif lagi dan bisa mengadakan pertemuan bareng alumni. Jaya selalu GEMAS,” ungkap mereka. (siti/alfei)

2

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait