Prosesi Kendi Nusantara di IKN, Anies Baswedan Serahkan Tanah dan Air dari Jakarta ke Jokowi

Senin 14-03-2022,09:13 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

Radarcirebon.com, KALIMANTAN - Prosesi Kendi Nusantara kini sedang berlangsung di Ibu Kota Negara (IKN), Kabupaten Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Prosesi Kendi Nusantara dilaksanakan di Titik 0 IKN yang berada di area hutan. Sekaligus tempat kemah Presiden Jokowi, pada menteri dan gubernur.

Yang mendapat giliran pertama dalam penyerahan tanah dan air di Prosesi Kendi Nusantara adalah Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta.

Anies menyerahkan tanah dan air yang diambil dari Jakarta, dan disatukan dengan daerah lain di Indonesia dalam prosesi adat tersebut.

Baca juga:

Prosesi tersebut diikuti oleh para gubernur lainnya. Kepala negara nampak berdiri di depan Gentong Nusantara, tempat tanah dan air dari berbagai daerah di Indonesia disatukan.

Prosesi ini menjadi pembuka kegiatan pembangunan di IKN. Sekaligus menjadi simbol persatuan Indonesia. Dan juga IKN yang menjadi rumah bagi siapa saja.

2

Sebagai informasi, lokasi yang dipakai acara kepala negara bersama para menteri, masuk dalam area  PT ITCT Hutani Manunggal yang berada di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Panajam Paser Utara.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait