Agar Fitur Idling Stop System Selalu Berfungsi Dengan Baik, Perhatikan Hal Ini!?

Senin 14-03-2022,17:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Radarcirebon.com - ISS (Idling Stop System) merupakan salah satu fitur canggih di sepeda motor matik Honda. Fitur ini membuat mesin otomatis mati ketika berhenti minimal tiga detik namun mesin akan langsung hidup dan menjalankan sepeda motor saat tuas gas diputar.

Sub Department Head, Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman menjelaskan teknologi ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar sehingga menjadi lebih irit sekaligus menekan kadar emisi gas buang, terutama ketika sepeda motor tersebut digunakan pada kondisi jalan yang macet atau lampu merah.

“Untuk semua sepeda motor matik honda yang sudah dilengkapi fitur ISS biasanya dilengkapi dengan tombol ISS pada bagian stang sebelah kanan untuk mengaktifkan fitur ISS tersebut ataupun mematikannya. Namun berbeda untuk sepeda motor premium Honda, fitur ini akan otomatis aktif setiap kali kunci kontak diputar ke posisi ‘ON’,” ujar Ade Rohman.

Fitur ISS ini lanjut Ade, tentunya sangat bermanfaat bagi para pengendara. Perlu diketahui, apabila mengalami atau menemui sepeda motor Honda dengan fitur ISS terjatuh maka lebih baik pastikan sepeda dalam keadaan kunci kontak “OFF” terlebih dahulu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA:

Berikut beberapa Hal yang wajib diperhatikan agar ISS tetap berfungsi dengan baik, di antaranya :

 1. Pastikan posisi saklar ISS dalam Kondisi Aktif atau posisi Idling Stop

2

Saklar ISS berada di sisi kanan stang kemudi. Untuk mengaktifkan fitur ISS cukup ubah posisi saklar ke “Idling Stop”, maka lampu indikator ISS akan menyala saat kunci kontak di putar ke posisi “ON” itu tandanya fitur ISS sudah aktif.

2. Hidupkan mesin menggunakan Electric Starter

Untuk mengaktifkan fitur ISS, saat menghidupkan sepeda motor wajib menggunakan electric starter. Hal ini sangat diperlukan untuk mendeteksi kondisi batteray saat digunakan ketika menghidupkan electric starter sepeda motor. “Jika kondisi batteray tidak layak atau berada dibawah tegangan yang diperbolehkan, maka ECM (Engine Control Module) akan mematikan fitur ISS demi keamanan pengendara supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan misalnya batteray drop, hingga sepeda motor mati dijalan,” ujar Ade.

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait